sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jumat Agung dan Paskah, hari suci bagi umat Kristiani

Jumat Agung dirayakan pada Jumat (15/4) sedangkan Paskah pada Minggu (17/5). 

 Hasbie Ibnu Harris
Hasbie Ibnu Harris Jumat, 15 Apr 2022 21:13 WIB
Jumat Agung dan Paskah, hari suci bagi umat Kristiani

Umat Kristiani di seluruh dunia merayakan dua hal penting di pekan ini. Yakni Jumat Agung pada Jumat (15/4) dan Paskah pada Minggu (17/5). 

Jangan salah, kedua hari suci yang diperingati oleh umat Katolik dan Kristen tersebut memiliki perbedaan. Dikutip ndtv.com, Jumat Agung adalah Hari Berkabung atau memperingati penyaliban Yesus Kristus. Umat Kristiani merayakan Jumat Agung dengan berpuasa dan menghadiri kebaktian gereja atau memperagakan kembali jam-jam terakhir Yesus Kristus.

Sementara Minggu Paskah memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Yesus Kristus diyakini bangkit dari kubur pada hari minggu, setelah kematian dan penguburannya.

Menurut Alkitab, itu adalah hari Ketika Maria Magdalena menemukan sebuah makam kosong di gua tempat Yesus Kristus ditempatkan setelah penyaliban-Nya pada Jumat Agung.

Sponsored

Kelinci Paskah

Di antara tradisi Paskah, kelinci Paskah mungkin yang paling terkenal. Menurut legenda, kelinci Paskah bertelur, kemudian menghias dan menyembunyikannya sebagai simbol kehidupan baru. Kini, banyak masyarakat yang merayakan Paskah dengan mengadakah kegiatan berburu telur Paskah yang sebelumnya telah disembunyikan. Biasanya, kegiatan ini diikuti oleh anak-anak.

Kelinci Paskah ini muncul sebelum abad ke-17. Saat itu, masyarakat Jerman di Eropa memperkenalkan Osterhase, seekor kelinci yang membawa hadiah untuk anak-anak selama Paskah.

Berita Lainnya