sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kampanye cegah Covid-19 lewat game

Pemerintah meluaskan media kampanye dan sosialisasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat melalui game.

Firda Cynthia
Firda Cynthia Kamis, 18 Jun 2020 07:02 WIB
Kampanye cegah Covid-19 lewat game
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng insan kreatif, dan beberapa perusahaan untuk bersama melakukan kampanye pencegahan Covid-19, melalui game kreatif buatan pengembang game lokal.

Direktur Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi, Kemenparekraf/Baparekraf Syaifullah, mengatakan, pihaknya dalam kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia atau Gelora 2020 telah menetapkan tujuh pengembang game lokal untuk difasilitasi, dalam mewujudkan ide pengembangan game, terkait sosialisasi pencegahan dan penanganan wabah Covid-19. 

Dalam gerakan ini, beberapa pengembang dan penerbit game Indonesia turut mengamplifikasi pesan dari Gelora 2020 agar bisa diterima lebih banyak orang melalui game yang sedang dikembangkan ataupun yang sudah dirilis.

"Tujuan utama dari Gelora adalah untuk mendorong kreasi anak bangsa dalam menciptakan game-game yang inovatif,” kata Syaifullah dalam keterangannya, Selasa (16/6). 

Salah satu pengembang dan penerbit game Indonesia yaitu Megaxus Infotech. Penerbit game papan atas Indonesia ini, mengungkapkan bahwa mereka mendukung pelaksanaan kampanye Gelora 2020 melalui sebuah game mobile yang tengah mereka kembangkan.

Selain itu, ada juga Yayasan Teknologi untuk Indonesia yang siap membawa pesan-pesan sosialisasi Gelora 2020 dalam game mobile mereka yang sudah rilis.

Sementara itu, Solve Education! Indonesia melalui game edukasi gratisnya yang berjudul "Dawn of Civilization: Game for Charity", mengajak anak belajar tentang bahaya Covid-19, cara menjaga diri dan lingkungan, serta menangkal hoaks. Game ini juga bisa dimainkan tanpa memakai kuota internet.

Syaifullah mengatakan, program Gelora 2020 sebagai bagian dari stimulus pemerintah terhadap industri kreatif diharapkan dapat membantu meringankan beban pebisnis yang terpengaruh.

Sponsored

Di sisi lain, karya-karya yang dihasilkan diharap dapat membantu pemerintah menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi pandemi ini.

"Bila diterima baik, diharapkan kedepannya program ini dapat berlanjut dan game mulai menjadi medium penyampaian pesan yang umum bagi masyarakat Indonesia,” kata dia.

Sebelumnya Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak mengatakan, di 2020 ini pihaknya fokus melakukan kampanye kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19 dengan cara yang menghibur, tetapi dengan unsur edukasi.

"Nantinya, game-game ini akan dikampanyekan oleh Kemenparekraf untuk menjadi salah satu media interaktif sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19," kata Josua.
 

Berita Lainnya