logo alinea.id logo alinea.id

Kebun Raya Bogor buka pukul 06.00 WIB selama libur lebaran

Kebun Raya Bogor membuka dua loket yang menjual tiket sejak pukul 06.00 WIB.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 07 Jun 2019 13:30 WIB
Kebun Raya Bogor buka pukul 06.00 WIB selama libur lebaran

Apabila pada hari biasa, loket Kebun Raya Bogor baru dibuka pukul 08.00 WIB. Namun, untuk libur Lebaran tahun ini, pihak pengelola membuka lebih awal yakni pukul 06.00 WIB.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan pengunjung dari luar kota.

Koordinator Pelayanan Jasa dan Tiket KRB Upun Punijar mengatakan, akan ada dua loket yang buka pukul 06.00 WIB yakni Pintu Konservasi dan Pintu 3 di Jalan Padjajaran.

"Kami buka layanan ekstra, kami layani sebaik mungkin agar pengunjung yang datang tidak kecewa," ujar Upun kepada Alinea.id, Jumat (7/6).

Sementara itu, untuk Pintu Utama dan Pintu 2 tetap buka pada jam normal yakni pukul 08.00 WIB. Semua loket di empat pintu, kata Upun, akan ditutup pukul 17.00 WIB.

Upun mengatakan, telah melakukan beberapa pembenahan untuk kawasan tertentu agar pengunjung merasa nyaman saat berlibur di KRB. 

"Intinya kami berbenah dan merapikan yang ada, merancang taman bambu. Meski belum rapi semua. Kemudian merapikan Taman Kolam Gunting," katanya.

Tidak hanya perbaikan sarana dan prasarana, KRB juga menjamin keamanan pengunjung, lewat penambahan personel keamanan, kebersihan, dan kesehatan yang bersiaga di kebun botani ini.

Sponsored

"Saat libur nasional seperti lebaran ini kami selalu menambah personel. Kurang lebih ada 200 petugas," ujar dia.

KBB bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pengadaan unit kesehataan. Jadi, bila pengunjung merasa kelelahan, pusing, atau ada keluhan sakit bisa datang ke posko kesehatan, selain itu telah disiagakan ambulans lengkap dengan obat. 

Di sisi lain, soal kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan diakui Upun masih minim. Meskipun petugas selalu mengimbau agar masyarakat membuang sampah di tempat yang telah disediakan. 

"Kami juga menyediakan bak sampah di beberapa titik. Tetapi memang sulit menyadarkan atau mengubah tradisi masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya," kata Upun.

Upun menjelaskan, hampir enam tahun lamanya tidak ada perubahan harga untuk tiket masuk KRB. Pengunjung anak-anak maupun dewasa hanya dikenakan biaya tiket masuk senilai Rp15.000. 

"Itu sudah termasuk asuransi, sumbangan PMI, dan Museum Geologi. Untuk anak di bawah 4 tahun, tidak dikenakan biaya," kata dia.