sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kenali masalah kesehatan saat WFH

Saat melakukan kegiatan di rumah terutama bekerja, kita lebih rentan mengalami masalah kesehatan fisik maupun mental.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Kamis, 04 Feb 2021 17:34 WIB
Kenali masalah kesehatan saat WFH
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Menurut penelitian dari berbagai sumber, banyak yang dapat kita rasakan maupun alami akibat menyepelekan kesehatan. Ini karena merasa selama di rumah saja, mendapatkan waktu yang lebih banyak untuk istirahat dari pada saat bekerja di kala kondisi normal.

Padahal saat melakukan kegiatan di rumah terutama bekerja, kita lebih rentan mengalami masalah kesehatan fisik maupun mental. Kekhawatiran tersebut pun bisa menimbulkan stres hingga depresi, bahkan kesehaan metabolik. Yuk kenali beberapa masalah tersebut!

1. Computer vision syndrome

Menatap layar komputer dalam kurun waktu yang lama, akan menyebabkan kita merasakan hal lain seperti, pegal, pandangan kabur, dan sakit kepala. Jika hal tersebut terjadi, lakukan senam mata, atur jarak pandang, dan istirahat secara berkala.

2. Burnout syndrome

Masalah ini muncul ditandai dengan rasa lelah, kesal, dan ketidakpuasan dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Akibatnya, kita mengalami kesulitan berpikir, cemas berlebihan, hingga selalu memikirkan pekerjaan tersebut sampat saat mau tidur. Ubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan yang kita lakukan saat kondisi normal, dengan membuat perencanaan, dan atur waktu agar tidak terlalu memforsir diri.

3. Carpal tunnel syndrome
Bisa dirasakan seperti kesemutan di area jari-jari tangan, bisa jadi karena terjadi pembengkakan di daerah saraf tangan. Pengobatannya bisa dengan merendam tangan dengan menggunakan air hangat selama 10-15 menit dan berisitrahat sejenak.

Untuk menghindari beberapa masalah tersebut, kita bisa melakukan olahraga ringan, hingga merencanakan apa yang ingin dikerjakan agar terhindar dari banyak pikiran yang bisa mengganggu kesehatan fisik, dan mental itu sendiri.

Sponsored
Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB

DC garap film reboot Superman berkulit hitam

Senin, 01 Mar 2021 15:53 WIB