logo alinea.id logo alinea.id

Kenang Soekarno, Kedubes Aljazair gelar festival

Perjalanan hidup Presiden Soekarno dipamerkan secara langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 17 Jun 2019 13:58 WIB
Kenang Soekarno, Kedubes Aljazair gelar festival

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Aljazair menyelenggarakan Festival Soekarno untuk memperkuat poros hubungan antara Indonesia dan Afrika di Aljazair pada Sabtu (15/5). 

Duta Besar Luar Biasa Dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Aljazair, Safira Machrusah dalam sambutannya selain di Indonesia, festival ini diharapkan bisa diselenggarakan di Aljazair. Festival Soekarno juga dapat lebih memperkuat hubungan kerjasama antara Indonesia dan Aljazair. 

"Agar memperkuat kerjasama Indonesia dan Aljazair dalam segala bidang," kata Safira. 

Koordinator Pelajar Indonesia Aljazair, Khoirul Bakhri Basyaruddin menambahkan, acara ini juga dalam rangka mempromosikan produk dan kebudayaan Indonesia. Sebab, nama mantan Presiden RI tersebut terbilang harum di Afrika. 

Selain dihadiri oleh berbagai Duta Besar Negara Sahabat, acara tersebut juga dimeriahkan dengan beragam penampilan musik dan tarian tradisional nusantara yang digelar langsung oleh Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).

Adapun festival digelar sejak tanggal 15 sampai 23 juni 2019 mendatang, dengan beragam pameran kebudayaan dan ekonomi.

Perjalanan hidup Presiden Soekarno juga turut dipamerkan secara langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam satu hall khusus. 

Melengkapinya, ada pula pameran ekonomi yang dimeriahkan oleh lebih dari 10 perusahaan asal Indonesia, baik BUMN maupun swasta.

Gelaran acara ini mendapatkan respons positif dari Warga Negara Indonesia (WNI) dan dari warga lokal Aljazair. Kemal, salah seorang pengunjung asal Aljazair berharap festival ini tidak hanya seremonial semata.