sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kurangi sampah rumah tangga, SIG-Kara gagas Gerakan #PilahBilasLipat

Masyarakat dapat berpartisi dalam gerakan ini bahkan memenangkan sejumlah hadiah.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Kamis, 11 Nov 2021 23:07 WIB
Kurangi sampah rumah tangga, SIG-Kara gagas Gerakan #PilahBilasLipat

SIG, penyedia sistem dan solusi pengemasan aseptik, bersama PT Kara Santan Pertama, distributor produk santan dan nata de coco dengan merek Kara dan Sunkara, menggagas Gerakan #PilahBilasLipat guna mengurangi sampah rumah tangga.

Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines SIG Combibloc Indonesia, Noer Wellington, menyatakan, gerakan tersebut merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya sejak 2007 dalam rangka menyediakan sistem solusi sampah kemasan.

"Kampanye #PilahBilasLipat [adalah] sebuah kampanye yang mengajak keluarga-keluarga Indonesia untuk memulai hidup yang lebih ramah lingkungan dengan tiga langkah sederhana," ucapnya dalam webinar, Kamis (11/11).

"Pilah kemasan karton bekas dari sampah lainnya, bilas kemasan karton bekas, lipat kemasan karton bekas sebelum dikumpulkan untuk didaur ulang. Setelah memilah, membilas, dan melipat kemasan bekas tersebut, kumpulkan di drop point kemasan bekas atau di aplikasi daur ulang sampah, seperti Duitin,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, pihaknya sebelumnya melakukan inisiatif serupa di berbagai negara lain sebagai bentuk komitmen "way beyond good" untuk menjadi perusahaan net positive. "Di mana kami berusaha untuk mengurangi separuh dampak terhadap lingkungan dan memberi dua kali lipat lebih banyak manfaat bagi masyarakat di tahun 2030."

Kegiatan yang dilakukan SIG sebelumnya, seperti pengumpulan kemasan karton susu bekas di Farmers Market dan Super Indo bersama Frisian Flag, pengumpulan dan mendaur ulang sampah kemasan karton bekas di pabrik Sambu Group, mengumpulkan kemasan karton bekas dari 300 perumahan di Jabodetabek, kampanye di media sosial, serta berkolaborasi dengan Duitin.

"Dengan komitmen way beyond good," ungkap Noer, "SIG juga memiliki misi untuk menyediakan kemasan paling sustainable di pasar, di mana semua bahan mentah yang kami gunakan berasal dari sumber bersertifikasi dan bertanggung jawab."

Pada kesempatan sama, Commercial Director PT Kara Santan Pertama, Martin Jimi, menerangkan, pihaknya juga memiliki misi keberlanjutan (sustainability). Karenanya, mendukung program tersebut guna mewujudkan komitmen way beyond good di Indonesia.

Sponsored

"SIG selama ini telah menyediakan kemasan ramah lingkungan untuk KARA, yang sesuai dengan misi kami untuk menjadi perusahaan yang sustainable. Kali ini, bentuk kerja sama kami adalah mengedukasi keluarga Indonesia seputar menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dimulai dengan kebiasaan baik #PilahBilasLipat yang dapat dilakukan dari rumah dan menjadi langkah pertama untuk mendaur ulang kemasan karton bekas,” urainya.

Masyarakat umum dapat berpartisi dalam Gerakan #PilahBilasLipat bahkan memenangkan sejumlah hadiah. Mekanisme kompetisi dapat dilihat di akun Instagram @SIG.ID.WayBeyondGood dan @KaraSantan.ID.

Berita Lainnya
×
tekid