Gaya Hidup / Kesehatan

Lesu? Lakukan 7 cara ini untuk meningkatkan energi

Ada 7 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lesu sekaligus meningkatkan energi.

Lesu? Lakukan 7 cara ini untuk meningkatkan energi Ilustrasi / Shutterstock

Banyaknya aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tidak hanya menyita waktu, namun juga energi. Tidak jarang kita mendadak lesu dan jenuh.

Survei terbaru oleh American Psychological Association menunjukkan, sekitar 75% warga Amerika Serikat merasakan gejala stres fisik, termasuk hilangnya energi.

Untuk mengembalikan energi yang hilang, sebenarnya tidak perlu repot melakukan 'hal-hal besar'. Berikut langkah-langkah sederhana yang menurut para ahli dapat membantu mengisi 'tangki' energi Anda seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (10/8):

1. Mengunyah

Mengunyah adalah bagian yang sangat penting dari proses pencernaan. Namun lebih dari itu, mengunyah membuat tubuh Anda lebih mudah untuk memecah nutrisi pada makanan dan mengubahnya menjadi energi, ujar Edwina Clark, dari Raised Real.

"Jumlah optimal dari mengunyah per gigitan tidak jelas. Namun, disarankan bahwa Anda mungkin perlu mengunyah makanan 25 hingga 40 kali untuk menikmati manfaat aturan selera makan," kata Clark.

2. Menyesap kurang dari secangkir kopi

Kafein dalam kopi menghalangi reseptor tertentu di otak Anda menerima adenosine, suatu neurotransmitter yang menyebabkan kelelahan.

"Meskipun kafein mencegah otak Anda menerima adenosine, itu tidak menghentikan tubuh Anda menghasilkannya," kata Niket Sonpal, asisten profesor di Touro College of Osteopathic Medicine di New York. 

Begitu kafein habis, penumpukan adenosin menyebabkan Anda 'tumbang' dan tentu Anda harus menyesap kopi kembali. Karenanya disarankan menyesap lebih sedikit dosis kopi dan tidak langsung menghabiskannya pada saat bersamaan. "Itu dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dalam jangka panjang," kata Sonpal.

3. Ambil 250 langkah tambahan

Lebih banyak gerakan berarti meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi jumlah usaha yang harus digunakan tubuh Anda untuk menjaga sistem tetap berjalan.

"Dengan hanya menambahkan 250 langkah lebih banyak ke rata-rata harian Anda setiap minggu, Anda melatih otot-otot, sistem energi dan pikiran untuk bergerak lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam melakukannya," kata Menachem Brodie, ahli fisiologi olahraga dan pelatih di Human Vortex Training.

Ketika daya tahan kardiorespirasi Anda meningkat, Anda akan merasa lebih mudah untuk melewati kesibukan harian Anda, kata Brodie. Mondar-mandir selama menelepon, berjalan cepat di kantor, dan menaiki tangga adalah sederhana untuk meningkatkan jumlah langkah Anda.

4. Tarik nafas dalam-dalam

Sel-sel Anda membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Jadi ketika napas Anda lamban, tubuh Anda mengikuti.

Pernapasan dangkal adalah salah satu dari (banyak) efek samping yang mengganggu dari stres, jelas Sonpal. Dengan tidak bernapas cukup dalam, cukup sering, Anda akhirnya mengirimkan sinyal ke sistem saraf Anda yang meningkatkan kecemasan Anda lebih jauh.

Mengubah kebiasaan bernapas Anda dengan mengambil beberapa nafas panjang dan lambat sepanjang hari mengurangi respons stres sambil memberi energi pada sel-sel Anda.

Cobalah latihan pernapasan perut, cukup bernapas melalui hidung hingga hitungan ketiga dan keluarkan melalui mulut dalam hitungan ketiga. Ulangi seperlunya.

"Semakin banyak Anda berlatih bernapas dalam-dalam, semakin alami itu terjadi, dan seiring waktu tubuh Anda akan bernapas dengan cara ini tanpa Anda harus ingat untuk melakukannya," kata Dori Gatter, seorang psikolog berlisensi yang berbasis di Connecticut.

5. Tambahkan dosis serat ke makanan

Karbohidrat kompleks, yang ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, mengandung glukosa, yang merupakan sumber energi utama bagi otak dan tubuh, kata Lisa Cooper, ahli diet terdaftar di Orlando Health di Florida. 

"Dan karena mereka juga mengandung serat, mereka dicerna pada tingkat yang lebih lambat, 'menyediakan energi yang lebih berkelanjutan dari waktu ke waktu'," imbuh Cooper.

Sebagai bonus, serat akan membantu Anda mendapatkan z, yang pada gilirannya akan meningkatkan energi Anda. 

"Makanan dengan serat yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan tidur gelombang lambat, tahap tidur yang biasanya dikaitkan dengan perasaan lebih segar di hari berikutnya," kata Vikas Jain, spesialis pengobatan tidur di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital di Illinois.

6. Periksa warna kencing

"Ketika Anda mengalami dehidrasi, tekanan darah Anda menurun, denyut jantung meningkat dan aliran darah ke otak melambat. Semuanya dapat membuat Anda lelah," kata Sonpal.

Dengan memastikan Anda memiliki kandungan H2O yang cukup, Anda memastikan tubuh Anda tidak harus bekerja keras untuk berfungsi. 

Perhatikan warna urin Anda. Seharusnya urin berwarna kuning pucat, seperti jerami - untuk memastikan Anda terhidrasi dengan baik, kata Cooper. Dan jika lebih gelap dari itu, perbanyaklah minum.

7. Tuliskan tiga hal baik yang terjadi

"Otak kita adalah Velcro bagi kejadian buruk dan Teflon bagi yang baik," kata Elizabeth Cohen, seorang psikolog klinis yang berbasis di New York.

"Itu karena secara evolusi menguntungkan untuk mengingat di mana rasa sakit itu ditemukan, sedangkan mengingat di mana Anda menemukan kebahagiaan kurang penting untuk bertahan hidup."

Menurut Cohen, ketika Anda terus-menerus memikirkan apa yang salah (dan khawatir tentang apa yang mungkin salah selanjutnya), itu isyarat tubuh untuk melepaskan lebih banyak hormon stres lebih sering, Cohen menjelaskan.

Luangkan waktu untuk merenungkan positif dengan menuliskan tiga hal yang berjalan baik selama hari Anda atau barang-barang yang membuat Anda bersyukur. Latihan ini dapat mengarahkan pikiran Anda untuk memberikan penagihan yang sama dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda, menekan rem pada aliran hormon stres sambil membantu melindungi cadangan energi Anda.


Berita Terkait