sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lokawisata Karimunjawa kembali dibuka per hari ini

Sejumlah ketentuan diterapkan guna meminalisasi potensi penularan Covid-19.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 16 Okt 2020 17:22 WIB
Lokawisata Karimunjawa kembali dibuka per hari ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah (Jateng), kembali membuka pariwisata di Pulau Karimunjawa per Jumat (16/10). Meski demikian, sejumlah ketentuan diterapkan dalam rangka meminimalisasi potensi penularan coronavirus baru (Covid-19).

“Mulai 16 Oktober, (pariwisata Karimunjawa) dibuka secara bertahap dan terbatas. Ada sejumlah aturan yang juga harus dipatuhi wisatawan," kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara, Nur Zuhruf, mengutip situs web Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Sebelum menyeberang ke Karimunjawa, yang kini dibatasi 100 pengunjung per pekan, calon wisatawan diminta mengikuti tes cepat (rapid test). Kemudian, Jumlah maksimal penumpang setiap kapal penyeberangan sebesar 50% dari kapasitas.

Anak-anak dan lanjut usia (lansia) pun dilarang berwisata ke Karimunjawa. "Nanti tiket anak-anak sudah tidak dijual untuk semua kapal penyeberangan," jelasnya.

Sponsored

Di sisi lain, Nur menerangkan, hingga kini hanya Kecamatan Karimunjawa yang belum mencatatkan kasus Covid-19 di Jepara. Diklaim karena masyarakat setempat patuh menerapkan protokol kesehatan.

Berita Lainnya