sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mantan perawat samakan petugas medis dengan Nazi, Anak: ibu idap 'kompleks dewa'

Shemirani adalah mantan perawat dari East Sussex yang mulai terkenal setelah memposting video teori konspirasi di Youtube.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 01 Agst 2021 10:26 WIB
Mantan perawat samakan petugas medis dengan Nazi, Anak: ibu idap 'kompleks dewa'

Aktivis anti-vaksin dan penganut teori konspirasi Kate Shemirani sedang diselidiki oleh polisi. Pasalnya, dia membandingkan staf medis di Inggris dengan Nazi, dan mengatakan mereka harus diadili dengan tiang gantungan. 

Saat berorasi dalam demo anti-vaksin, anti-lockdown di Trafalgar Square di London pusat, dia mengatakan kepada kerumunan yang bersorak, "Di persidangan Nuremberg para dokter dan perawat diadili, dan mereka digantung".

Siapa Kate Shemirani?

Shemirani adalah mantan perawat dari East Sussex yang pertama kali terkenal pada tahun 2020 dengan memposting video teori konspirasi di Youtube.

Pada Juli 2020, ia dilarang berpraktik sebagai perawat selama 18 bulan.

Ibu empat anak itu dikabarkan menuduh tanpa bukti bahwa pandemi itu tidak nyata, gejala Covid-19 sebenarnya disebabkan oleh 5G, dan vaksin virus corona adalah alat politik untuk mengubah DNA orang, menurut The Week.

Dia menjadi berita utama sekali lagi dalam demonstrasi karena meminta rincian pekerja medis untuk dikirim kepadanya, dan merujuk ke pengadilan Nuremberg, di mana Nazi dituntut atas peran mereka dalam Holocaust dan kejahatan perang lainnya.

Anaknya bahkan meminta Shemirani diadili

Sponsored

Sebastian Shemirani, putra Kate Shemirani, menggambarkan ibunya sebagai "berbahaya", dan percaya bahwa dia harus dituntut oleh hukum, katanya dalam sebuah wawancara dengan BBC Radio 4.

Sarjana London School of Economics itu juga mengatakan "mustahil" untuk berbicara dengan ibunya yang, menurutnya memiliki kompleks dewa, dan tak tertolong.

Kompleks dewa adalah sebuah keyakinan tidak tergoyahkan yang ditandai dengan adanya peningkatan perasaan secara konsisten mengenai kemampuan, keistimewaan, atau infalibilitas pribadi. Orang dengan kompleks dewa akan merasa selalu benar dengan alasan dogmatis dan tidak peduli terhadap konvensi dan tuntutan masyarakat.

Menurut Yahoo News UK, dia mengatakan ibunya mulai mengalami "kegilaan medis" ketika dia mulai mengeksplorasi terapi alternatif setelah didiagnosis menderita kanker pada pertengahan 2010-an.

Dia mengatakan ibunya akhirnya mulai berpikir bahwa ada "konspirasi global yang membuat orang menjadi kurang sehat".

Dikecam oleh Walikota London dan petugas kesehatan

Menanggapi insiden itu, Wali Kota London Sadiq Khan melalui Twitter mengungkapkan keterkejutannya dan menyebut staf NHS (petugas kesehatan) sebagai "pahlawan" pandemi. Dia lebih lanjut menyerukan warga London untuk "menolak kebencian ini".

Khan juga menyatakan bahwa dia telah mengangkat masalah ini dengan polisi. Banyak petugas kesehatan juga berbicara menentang Shemirani.

Seseorang men-tweet, "Saya tidak percaya saya men-tweet ini. Sebagai dokter ICU yang telah memberikan semua yang mereka miliki untuk mencoba menyelamatkan nyawa, ini membuat saya ingin menangis".

Polisi sedang menyelidiki insiden tersebut

Polisi Metropolitan London mengatakan mereka mengetahui video yang diambil selama demonstrasi dan telah mulai melakukan penyelidikan, menurut Sky News.

"Petugas sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan apakah ada pelanggaran yang telah dilakukan. Tidak ada penangkapan yang dilakukan". (Sumber: Mothership)

Berita Lainnya