logo alinea.id logo alinea.id

Mencicipi "fosco", minuman legendaris di depot Hok Lay

Fosco merupakan susu yang dicampur dengan coklat. Fosco ini dimasukkan ke dalam botol kaca minuman bersoda.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 19 Jan 2019 22:32 WIB
Mencicipi

Depot Hok Lay yang terletak di jalan K.H. Ahmad Dahlan, Kota Malang, menjadi salah satu tempat makan legendaris yang masih bertahan hingga saat ini. Depot ini telah dibuka sejak tahun 1946 dan diwarisi dari generasi ke generasi.

Dari luar, bangunan depot ini terlihat seperti bangunan tua. Hanya ada tulisan “Hok Lay” yang ditempel di kaca depan depot. Saat saya berkunjung ke sana, belum banyak pengunjung yang datang untuk bersantap siang.

Depot ini sendiri tak terlalu besar. Hanya terdapat enam meja dengan masing-masing enam kursi di depot ini. Menu andalan dari depot ini yang tak boleh ketinggalan adalah Fosco.

Fosco merupakan susu yang dicampur dengan coklat. Fosco ini dimasukkan ke dalam botol kaca minuman bersoda.

Fosco, menu andalan Depot Hok Lay, Malang. (Annisa Saumi/Alinea.id)

Rasanya?

Pertama kali mencoba, rasanya agak sedikit aneh. Fosco memiliki perpaduan rasa coklat yang asin. Mungkin, mirip dengan minuman-minuman karamel asin yang dijual di kafe-kafe modern. Namun, lama-kelamaan, lidah saya jadi terbiasa menikmati fosco dingin tersebut.

Harga fosco tersebut juga masih terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp14.000, fosco dingin siap mendarat di meja makan saya.

Sponsored

Selain mencicipi fosco, saya juga mencoba lumpia goreng Semarang dan cwie mie dari depot ini. Lumpia dan cwie mie tersebut disajikan panas-panas. Jika Anda sedang menghindari minyak, bisa juga memesan lumpia basah yang tak digoreng di depot ini.

Rasa dari lumpia Hok Lay sendiri cukup lezat dan tidak terlalu manis. Bagi Anda penyuka panganan gurih, tentu lumpia Hok Lay tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Malang.

Cwie mie di depot Hok Lay disajikan dengan mie yang tipis, taburan ayam cincang, bawang goreng, sayur, dan pangsit. Kuah cwie mienya sendiri, memiliki rasa yang pas, tidak keasinan atau hambar. Masing-masing lumpia dan cwie mie tersebut dipatok dengan harga Rp20.000 saja.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?