sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengetahui lebih jauh vaksin untuk Covid-19

Semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat sudah diuji melalui keamanan yang ketat.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Selasa, 13 Okt 2020 07:31 WIB
Mengetahui lebih jauh vaksin untuk Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Akhir-akhir ini, kita mendapatkan kabar beredarnya kabar vaksin yang membuat masyarakat bersemangat untuk mendapatkannya. Selain itu Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Perpres No.99 Tahun 2020 mengenai Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemik  Covid-19 ini. Dengan kehadiran vaksin dan Perpres tersebut, diharapakan dapat mempercepat ketersediaan vaksin di Indonesia. 

Tetapi sebenarnya apa itu vaksin? Vaksin merupakan sebuah bahan antigenic yang mampu membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Menurut Juru Bicara Penanganan Covid -19 Reisa Broto Asmoro, vaksin merupakan virus yang merangsang sistem kekebalan tubuh dengan antigen. Jika virus tersebut memasuki tubuh kita, tubuh bisa mengenali dan mengetahui bagaimana cara melawannya. 

“Vaksin dapat melindungi diri dan dan sekitar dari berbagai penyakit menular yang berbahaya karena vaksin membentuk kekebalan tubuh untuk melawan suatu penyakit dengan lebih cepat dan efektif,” ujar Reisa, Senin (12/10).

Sponsored

Reisa menambahkan, semua vaksin yang tersedia untuk masyarakat sudah diuji melalui keamanan yang ketat, termasuk uji klinis, sebelum disetujui untuk diproduksi dan dapat diberikan kepada masyarakat.

Selain itu, ada kemungkinan rasa tidak nyaman atau efek samping seperti demam ringan, kemerahan di lokasi bekas suntikan dan sedikit bengkak di lokasi bekas suntikan. Efek samping yang berat sangat jarang terjadi, dan tentunya sebelum vaksin diedarkan di masyarakat akan melalui beberapa tahapan uji klinis terlebih dahulu untuk diuji keamanan dan efikasinya. 

Berita Lainnya