sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menggunakan remix suara azan, Mnet minta maaf

Kontroversi ini dimulai dari musik pembuka acara program tersebut secara sayup-sayup, terdengar seperti lantunan azan.

Clarissa Ethania
Clarissa Ethania Kamis, 09 Sep 2021 20:11 WIB
Menggunakan remix suara azan, Mnet minta maaf

Saluran musik televisi Korea, Mnet menyampaikan permintaan maaf melalui pernyataan terbuka yang diposting di Instagram @mnet_dance pada Rabu (8/9). Permintaan maaf ini mereka sampaikan lantaran melakukan remix musik suara azan, di salah satu tayangan program acara kompetisi menari khusus wanita ‘Street Woman Fighter’. 

"Kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus terkait soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter." tulis Mnet dalam pernyataan resmi.

Kontroversi ini dimulai dari musik pembuka acara program tersebut secara sayup-sayup, terdengar seperti lantunan azan. Bahkan ada sejumlah netizen yang melakukan perbandingan antara musik pengiring acara ‘Street Woman Fighter’ dengan suara azan. Hal ini pun viral dan trending dengan hashtag #Mnetapoligize di beberapa media sosial, seperti Twitter dan TikTok. 

Kemiripan suara tersebut lah yang membuat banyak dari netizen protes. Mereka menilai, azan bukanlah musik yang boleh diremix dan dianggap telah melecehkan umat muslim dan komunitas muslim di berbagai negara. 

Meski begitu di dalam pernyataan yang di posting Mnet mengatakan, mereka tidak bermaksud apa-apa. Lagu tersebut terdaftar resmi di situs streaming, dan tim produksi pun merasa ada unsur kecocokan antara suara azan remix tersebut untuk mengiringi program mereka.

"Tim produksi melihat bahwa suara elektronik dari lagu tersebut cocok sebagai musik latar program. Kami tentu tidak memiliki niat lain," tulis pihak Mnet.

Untuk menindak lanjuti permasalahan ini, Mnet menyebutkan akan mengunggah ulang tayangan dan menggantinya dengan yang baru. 

"Kami meminta maaf dengan sepenuh hati atas ketidaknyamanan yang tidak diinginkan dan disebabkan. Menghargai kritik Anda, video akan diunggah ulang setelah mengganti musik latarnya," tulis pihak Mnet.

Sponsored

Meski sudah menyatakan permintaan maaf, masih banyak netizen yang protes dan menyayangkan apa yang telah dilakukan Mnet, terlebih mengingat beberapa kasus yang sempat terjadi di beberapa program acara Mnet sebelumnya. 

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

Pemkot Pekalongan Aktifkan Kembali Bank Sampah

Kamis, 23 Sep 2021 09:29 WIB

Lenovo perkenalkan 4 laptop gaming baru

Rabu, 22 Sep 2021 20:44 WIB