sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Minat menonton film di bioskop selama Ramadan tetap tinggi

Rata-rata penonton mengeluarkan uang sebesar Rp100.000 dengan waktu pembelian didominasi di Rabu (16%), Sabtu (15%) dan Minggu (19%).

Hermansah
Hermansah Minggu, 02 Jun 2019 03:43 WIB
Minat menonton film di bioskop selama Ramadan tetap tinggi

Ramadan menjadi bulan penuh berkah termasuk bagi pelaku industri e-commerce. Pada Ramadan 2019,  BookMyShow Indonesia, platform e-commerce untuk pembelian tiket bioskop, mencatatkan antusias moviegoers (penggemar film) tetap tinggi selama bulan Ramadan. 

Data riset BookMyShow selama di Ramadan memperlihatkan minat untuk menonton film terbaru langsung di bioskop tetap tinggi, meskipun para moviegoers lainnya tetap harus membagi pengeluaran mereka dengan kebutuhan lainnya selama bulan Ramadan. 

Data BookMyShow menunjukkan film Pokemon: Detektif Pikachu yang tayang di awal Ramadan (5/05) dengan cepat mampu menggeser dominasi film Box Office sekelas Avengers: Endgame yang hadir satu minggu menjelang datangnya bulan Ramadan (24/04/2019).

Berikut daftar enam film Hollywood terlaris selama Ramadan 2019 versi BookMyShow 

1. Pokemon: Detektive Pikachu penjualan tiket sebesar 29,62%

2. Avengers: Endgame penjualan tiket sebesar 27,70%

3. Aladdin penjualan tiket sebesar 16,20% 

4. Brightburn penjualan tiket sebesar 5,79% 

Sponsored

5. John Wick: Chapter 3-Parabellum penjualan tiket sebesar 2,37% 

Pola nonton bioskop saat Ramadan

Data riset BookMyShow mencatatkan pola perilaku moviegoers dalam membeli tiket bioskop selama Ramadan. Rata-rata penonton mengeluarkan uang sebesar Rp100.000 dengan waktu pembelian didominasi di Rabu (16%), Sabtu (15%) dan Minggu (19%). 

Sementara itu, Jakarta masih mendominasi sebagai kota dengan transaksi penjualan paling tinggi di BookMyShow dengan angka mencapai 27,5%. Namun, bioskop di daerah pun tak mau kalah.

Data riset BookMyShow menunjukkan Purwokerto berada di tiga besar, sebagai kota yang paling update tentang film terbaru di BookMyShow. 

Kota Purwokerto hanya memiliki dua jaringan bioskop yang bergabung di BookMyShow, namun berhasil mencatatkan 8,11% transaksi, terbesar ketiga setelah Jakarta dan Bandung.

Ini membuktikan peminat film-film bioskop tidak pernah mati, bahkan untuk jaringan bioskop independen sekalipun. Faktor ini terjadi karena film John Wick: Chapter 3–Parabellum yang tayang bioskop independen di daerah Purwokerto. 

Tetap tingginya antuasiasme moviegoers menonton film terbaik di bioskop, setidaknya mampu menjadi pendorong bagi sineas lokal, menghasilkan film Indonesia yang berkelas dan berkualitas sehingga mampu bersaing dengan film impor. 

Selain itu, bioskop daerah independen di daerah pun menggeliat tak ingin kalah bersaing dengan jaringan biskop besar seperti 21 Cineplex, CGV Cinemas dan Cinemaxx.