sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Nutrisi harian seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh anak

Daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Kamis, 25 Mar 2021 14:32 WIB
Nutrisi harian seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh anak
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Daya tahan tubuh anak yang belum sempurna, dapat memudahkan mereka terpapar virus dan penyakit. Untuk itu, para orang tua tetap perlu melakukan upaya-upaya agar buah hati terhindar dari virus Covid-19 dan diharapkan untuk terus memantau asupan nutrisi agar tubuh mereka sehat dan memiliki daya tahan yang kuat.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih memaparkan, daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. Kesehatan keluarga juga tidak terlepas dari peran para dokter yang ada dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan terhadap keluarga, termasuk untuk anak-anak.

Dalam penelitian membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan dengan saluran pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi dalam tubuh bisa dilakukan dengan baik, yang akhirnya membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Adapula tubuh dan pikiran yang sehat ditambah patuhnya dalam protocol kesehatan seperti 3M akan membuat anak terhindar dari terpaparnya Covid-19.

"Pola makan yang seimbang dan pola hidup bersih dan sehat sangat efektif dalam membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit. “Oleh karena itu, tak hanya para orang tua, anggota keluarga perlu memperhatikan dengan benar-benar pemenuhan nutrisi dan juga aktivitas anak sehari-hari,"  ungkap Daeng, dalam webinar, Kamis (25/3).

Sponsored

Sementara Head of Medical KALBE Nutritionals Muliaman Mansyur memaparkan, orang tua perlu memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi ini. Selain makanan sehat dan seimbang, perlu juga memberikan nutrisi tambahan yang tepat. Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan yang dapat membantu pembentukan daya tahan tubuh akan lebih optimal.

Serat pangan inulin juga dapat membantu tumbuh kembang anak karena bermanfaat bagi saluran pencernaan anak. Konsumsi gula tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, permasalahan pada gigi, hingga berbagai penyakit di masa depan.

Berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO) 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal, yang setara dengan 50 gram gula atau 6 sendok makan/hari.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya