sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Opening ceremony Asian Games & the Sacred Riana jadi perbincangan dunia

Indonesia tengah menjadi perbincangan dunia karena opening ceremony Asian Games 2018 dan aksi the Sacred Riana di America's Got Talent.

Sukirno
Sukirno Sabtu, 25 Agst 2018 06:04 WIB
Opening ceremony Asian Games & the Sacred Riana jadi perbincangan dunia

Indonesia tengah menjadi perbincangan dunia karena opening ceremony Asian Games 2018 dan aksi The Sacred Riana di Amerika Serikat.

Pembukaan Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (18/8) malam masih menjadi pembahasan di media sosial Youtube. 

Sejumlah pengguna Youtube atau akrab dikenal dengan Youtuber ramai mengunggah video reaksi pembukaan Asian Games ke-18 itu. Warga negara asing, baik itu dari wilayah Asean maupun warga dunia, terkagum-kagum dengan upacara pembukaan pesta olah raga Asia tersebut.

Misalnya, seorang Youtuber asal Filipina bernama Jang dengan akun Jang Amparna, menyebut aksi pembukaan Asian Games di Jakarta membuat dirinya merinding bekali-kali. Terutama saat menyaksikan tari Ratoh Jaroe dari Aceh.

"Saya ingin melihat Presiden Widodo karena dia rockstar, sama seperti Presiden Duterte," ujarnya dalam video yang diunggah pada Selasa (21/8).

Dia mengaku pernah ke Bintan, Batam, dan Bali. Setelah menyaksikan video cuplikan pembukaan Asian Games, dirinya ingin kembali mengunjungi Indonesia, terutama ke daerah lainnya.

"Terima kasih Indonesia telah menjadi panitia Asian Games. Saya yakin, Indonesia adalah salah satu negara terbaik dan paling indah di dunia. Sayangnya saya tidak bisa menyaksikan seluruh acara karena tidak diunggah di Youtube, semoga segera diunggah," kata dia.

Youtuber lain dengan akun Bubbly Warior, menyebut upacara pembukaan itu mengagumkan. Bahkan, dia ingin menyaksikan secara langsung di Indonesia.

Sponsored

"Saya yakin ini bukan versi full, ini hanya highlight. Ini fenomenal. Visualisasi, aksi presiden, saya malah membayangkan Donald Trump naik motor masuk ke venue," kata dia.

The Sacred Riana

Pada saat bersamaan, pesulap dengan nama panggung The Sacred Riana, mengikuti ajang pencarian bakat America's Got Talent (AGT) 2018. Aksi wanita bernama asli Marie Antoinette Riana Graharani itu merupakan aliran bizarre illusionist.

Perempuan kelahiran Jakarta, 13 Juli 1992 itu menyedot publik dunia. Bahkan, video yang diunggah oleh pihak AGT selalu menjadi trending topic dan ditonton oleh jutaan orang.

Tercatat, Riana yang telah memenangkan ajang serupa di Asia's Got Talent itu tiga kali menunjukkan kebolehannya di hadapan juri, Simon Cowell, Heidi Klum, Mel B, dan Howie Mandel. Terakhir, Riana beraksi pada Selasa (21/8) di Hollywood AS. 

Akan tetapi, langkah Riana harus terhenti. Ilusionis berciri khas sulap dengan bumbu horor itu tereliminasi pada babak perempat final.

Banyak orang yang mengidolakan Riana menyayangkan eliminasi itu. Bahkan, tagar #BringBackRiana menggema di jagat maya. Penggemar Riana menilai aksi yang dilakukan merupakan bakat yang langka.

Penggemar Riana meminta agar pihak AGT memberikan wild card agar pesulap asal Indonesia itu kembali bertarung di semi final. Bahkan, sejumlah penggemar menganggap AGT telah menjadi ajang pencarian penyanyi, setelah mengeliminasi bakat unik Riana.