sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Orang tua berperan penting dalam mendidik anak selama pandemi

Anak tidak bisa ditinggal sendirian, karena harus belajar mengeksplorasi hal lainnya.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Rabu, 10 Mar 2021 17:48 WIB
Orang tua berperan penting dalam mendidik anak selama pandemi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Pandemi pastinya membuat para orang tua kebingungan dalam mengurus anak. Tidak heran jika dokter spesialis anak Miza Dito Afrizal menyampaikan, ada perbedaan selama pandemi ini dalam kegiatan parenting.

“Pertumbuhan anak di masa pandemi, harus mementingkan nutrisi,” ungkapnya dalam webinar, Rabu (10/3).

Belakangan ini, orang tua juga menjadi “teman bermain” anak yang sepantaran karena batasan bersosialisasi anak yang seharusnya anak-anak dapatkan. Oleh sebab itulah, orang tua harus dapat melakukan kegiatan yang seru, seperti bermain hingga menggambar. Apalagi, anak tidak bisa ditinggal sendirian, karena harus belajar mengeksplorasi hal lainnya.

Artis Chelsea Olivia yang memiliki dua buah hati juga turut merasakan dampak tersebut. Selain menemani anak pertamanya bermain, ia juga harus mengurus si kecil yang berusia empat bulan. Mainan-mainan yang dimainkan juga harus sesuai dengan kelompok usia sang anak.

“Aku baru tahu kalau mainan saja ada kelompok usianya,” ucap dia.

Hal sama juga dirasakan wanita karier dan seorang ibu, Najunda Jusuf. Dia mengatakan, anak yang berusia di bawah lima tahun harus ekstra dalam menjaga maupun menemaninya. 

Usia 1-2 tahun adalah saatnya anak bermain dan mengeksplorasi apa yang dilihat. Kemudian, di atas dua tahun, anak baru mengerti peraturan. Pada usia empat menuju lima tahun adalah saat mereka mengenal sosialisasi atau friendship.

Maka dari itu, kreatifitas orang tua di rumah menjadi suatu tantangan agar saat semua kembali normal, anak bisa bersosialisai dengan mudah. Salah satu contohnya bisa dilakukan dengan menggunakan mainan atau boneka. Dengan adanya kegiatan bermain bersama, anak juga dapat melatih sensor motorik dan sensorik serta skill yang anak miliki.

Sponsored

Dari beberapa hal tersebut pastinya tak luput dari peran orang tua dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan bersama anak.

Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Pribudiarta Nur Sitepu juga menyampaikan, sudah banyak gerakkan serta pemberdayaan untuk tetap menjaga prokes di lingkungan keluarga.

Hal tersebut juga dilaksanakan oleh TK-PKK Jawa barat bersama para masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan, salah satunya pembuatan masker kain yang dapat dijual kembali.

Sedangkan VP Tokopedia Indra Yonathan menjelaskan, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Parents sebagai salah satu wadah komunitas serta one stop shopping, untuk para keluarga dan orang tua dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga dan anak. Dengan adanya komunitas tersebut, para orang tua bisa berbagi cerita serta pengalaman pada laman sosial media maupun media lainnya.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya