sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pakar kesehatan sarankan olahraga di rumah di tengah pandemik

Orang-orang yang ingin berolahraga di pusat kebugaran publik perlu melakukan langkah-langkah pencegahan.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 18 Jul 2020 14:12 WIB
Pakar kesehatan sarankan olahraga di rumah di tengah pandemik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 130718
Dirawat 39017
Meninggal 5903
Sembuh 85798

Dokter spesialis olahraga, Anita Suryani, menyarankan agar orang-orang berolahraga di rumah di tengah pandemik Covid-19. Dia menyebut bahwa pusat kebugaram publik tergolong sebagai tempat dengan risiko tinggi penularan virus.

"Olahraga itu merupakan aerosol generating procedure. Aerosol membuat droplet semakin kecil dan semain lama bertahan di udara, secara otomatis membuat penularan Covid-19 lebih mudah," jelas dia dalam acara 'Kembali ke Gym dan Tetap Aman dari Covid-19' pada Sabtu (18/7).

Lebih lanjut, Anita mengatakan bahwa orang-orang yang ingin berolahraga di pusat kebugaran publik perlu melakukan langkah-langkah pencegahan agar meminimalkan potensi penularan coronavirus jenis baru.

"Sebisa mungkin membawa seluruh peralatan sendiri mulai dari handuk, baju ganti, hingga botol air minum," sambung dia.

Untuk meminimalkan risiko penularan, baik penyelenggara pusat kebugaran publik maupun pengguna harus secara teratur melakukan disinfeksi peralatan gym.

"Penyelenggara pusat kebugaran harus memiliki protokol untuk sanitasi peralatan. Misalnya, barbel harus dibersihkan rutin dua jam sekali," tutur dia.

Anita juga menyarankan agar orang-orang yang pergi ke pusat kebugaran publik tidak menyentuh wajahnya setelah memegang peralatan gym.

Terkait penggunaan masker, Anita menyebut bahwa masker hanya boleh dicopot saat melakukan olahraga intensitas tinggi.

Sponsored

"Biasanya badan kita akan adaptasi kalau olahraga dengan masker. Pemakaian pertama mungkin akan sedikit sesak, kemudian pemakaian selanjutnya sudah lebih terbiasa," ujarnya.

Berita Lainnya