sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pandemi bisa dorong masyarakat lebih aware kelola keuangan

Investasi bisa dimulai dengan amount yang kecil tetapi disiplin.

Ghalda Anisah
Ghalda Anisah Rabu, 02 Sep 2020 17:29 WIB
 Pandemi bisa dorong masyarakat lebih aware kelola keuangan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 291182
Dirawat 61839
Meninggal 10856
Sembuh 218487

Edukasi mengatur keuangan dan pemanfaatan teknologi untuk melakukan investasi pada masyarakat, harus terus dilakukan. Hal itu dalam rangka meningkatkan kebiasaan masyarakat berinvestasi setiap minggunya. Seperti yang dilakukan Tokopedia dengan meluncurkan gerakan ‘Rabu Nabung’.

VP of Fintech & Payment Tokopedia Vira Widiyasari, mengatakan, situasi pandemi bisa mendorong masyarakat lebih aware mengelola keuangan. Hal itu untuk mengantisipasi emergency situation dan kebutuhan medium term maupun long term. Itulah sebabnya edukasi kepada harus terus dilakukan agar masyarakat dapat mengelolah keuangan sedini mungkin.

“Di tengah pandemik ini, berinvestasi cukup dari mobile phone saja,” tambah Vira dalam virtual media briefing Tokopedia, Rabu (2/9).

Dengan cara ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi keuangan di masyarakat khususnya di Indonesia, dengan membuat kebiasaan rajin menabung. Investasi bisa dimulai dengan amount yang kecil tetapi disiplin. Sehingga lama kelamaan menjadi bukit dan tentunya semakin meningkatnya literasi keuangan untuk masyarakat di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Senior Lead Fintech Tokopedia Marissa Dewi menambahkan, dengan berkembangnya zaman dan ketika orang-orang memandang investasi adalah suatu hal yang susah, Tokopedia memberikan pandangan yang berbeda bahwa investasi sangat mudah dilakukan dan aman.

“Dengan berbagai kemudahan digital ini, Tokopedia memberikan persepsi yang berbeda dan investasi itu bukan sesuatu yang sulit dan bukan sesuatu yang mahal. Tentunya dengan tetap memerhatikan investasi itu harus aman, mudah, dan terjangkau,” ujar Marissa. 

Investasi di Tokopedia sudah menyediakan dua prodak investasi yang bisa langsung dibeli dan diakses oleh seluruh masyarakat di Indonesia, yaitu Tokopedia Reksa Dana dan Tokopedia Emas. 

Investasi reksa dana di Tokopedia dapat dijangkau dengan Rp10.000, karena berharap masyarakat dari kalangan manapun dapat memulai menabung sedini mungkin bahkan sejak masih duduk di bangku kuliah. 

Sponsored

“Rp10.000 itu tidak kerasa, tetapi lama-lama terasa juga setelah dihitung dalam jangka waktu yang lama,” ujar Marissa. 

Saat ini Tokopedia menyediakan produk reksa dana pasar uang, di mana risikonya terbilang kecil dan bisa mendatangkan keuntungan hingga 6,5% per tahun. Dalam transaksi ini tidak ada pemotongan biaya lagi. Baik saat membeli ataupun menjual kembali tidak ada additional biaya yang dipotong dari masyarakat.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB