sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Satu dari empat pengguna internet adalah seorang ibu

Marketer yang ingin menyampaikan pesan kepada kelompok audiens ini perlu memastikan, pesan mereka sesuai dengan cara para ibu Indonesia.

Hermansah
Hermansah Sabtu, 24 Feb 2018 15:47 WIB
Satu dari empat  pengguna internet adalah seorang ibu

Penelitian terbaru dari Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS mengungkapkan beberapa langkah offline dan online yang dilakukan konsumen di Indonesia sebelum membeli produk perawatan bayi. 

Head of Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana mengatakan hampir 60% dari seluruh masyarakat Indonesia telah terhubung dengan internet. Selain itu, hampir delapan dari 10 pengguna internet indonesia (79%) menggunakan internet setiap harinya, terutama melalui smartphone. 

Temuan yang mungkin mengejutkan adalah, satu dari empat pengguna internet di Indonesia merupakan seorang ibu.

Oleh sebab itu, marketer yang ingin menyampaikan pesan kepada kelompok audiens ini perlu memastikan pesan mereka sesuai dengan cara para ibu Indonesia menjalankan peran mereka di masa sekarang.

Misalkan saja pada penelitian konsumen produk perawatan bayi menunjukkan bahwa, 

  • Rumah tangga yang mengakses internet, lebih bernilai. Bagi brand produk perawatan bayi, rumah tangga yang menggunakan Internet 3,5 kali lebih bernilai dibandingkan rumah tangga yang tidak. 
  • Orang tua Indonesia melakukan riset online. Hampir tujuh dari sepuluh (69%) pengguna Internet Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Untuk melakukannya, mereka menggunakan Google penelusuran (poin kontak online pertama) dan situs brand (poin kontak kedua). 
  • Orang Indonesia memanfaatkan video untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Video online menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. Waktu menonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5x (4,7x) secara year-on-year di Indonesia pada 2017

Penelitian ini juga memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Dimana rata-rata pengguna internet Indonesia memerlukan waktu hingga satu minggu untuk melakukan riset produk. Tetapi sebagian besar riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian. 

Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya. 

Apalagi para ibu menggunakan internet untuk mencari segala macam informasi di semua tahap kehamilan dan pasca-kelahiran.

Sponsored

itulah sebabnya marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini. Di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli, yaitu di smartphone mereka.
 

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid