sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Seberapa ideal tinggal di Jakarta Timur? Ini 7 hal yang perlu kamu tahu

Kawasan Jakarta Timur menawarkan banyak kelebihan yang bisa membuat Anda jatuh cinta dan kerasan.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Senin, 11 Okt 2021 13:27 WIB
Seberapa ideal tinggal di Jakarta Timur? Ini 7 hal yang perlu kamu tahu

Bagi Anda yang tengah mencari hunian di Jakarta sebagai domisili seumur hidup, Anda mungkin tertarik dengan perumahan baru di Jakarta Timur.

Meski tidak semodern atau sekeren kawasan Jakarta lainnya, seperti Jakarta Selatan atau Jakarta Pusat, kawasan Jakarta Timur menawarkan banyak kelebihan yang bisa membuat Anda jatuh cinta dan kerasan.

Inilah tujuh hal alasan yang membuat Jakarta Timur layak disebut sebagai kawasan ideal untuk tempat tinggal.

1. Pusat pemberhentian transportasi yang lengkap

Bicara soal moda transportasi, baik darat maupun udara, Anda akan menemukan keduanya di Jakarta Timur. Misalnya saja kereta, entah itu kereta jarak jauh atau commuter line Jabodetabek, stasiunnya bisa ditemukan di banyak titik.

Pertama ada Stasiun Jatinegara yang merupakan stasiun tempat bertemunya tiga jalur, yaitu jalur ke Pasar Senen, jalur ke Manggarai, dan jalur ke Bekasi. Kemudian ada pula beberapa stasiun commuter line yang menghubungkan Stasiun Kota di Jakarta dengan Stasiun Bekasi.

Selain stasiun, Jakarta Timur juga punya beberapa terminal bus besar yang menjadi tempat pemberhentian bus antar kota dan provinsi, di antaranya Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gebang. Yang terakhir ini merupakan terminal bus terbesar se-Asia Tenggara, yang dibangun untuk menggantikan fungsi Terminal Pulo Gadung yang sudah tidak layak.

Sedangkan untuk transportasi udara, Jakarta Timur punya Bandar Udara Halim Perdanakusuma yang melayani rute dalam negeri. Mau pulang kampung atau sekadar bepergian, akses transportasi ke luar kota lebih mudah dari Jakarta Timur.

Sponsored

2. Segar dan asri

Wilayah Jakarta Timur adalah kawasan yang tidak padat penduduk. Dibandingkan dengan wilayah Jakarta lainnya, Jakarta Timur memiliki jarak antarrumah yang relatif renggang. Jalanan di dalam perkampungannya masih luas, dan hampir tidak ada gang-gang sempit yang padat penduduk di sini.

Tentu saja hal itu jadi kabar baik bagi Anda yang bermimpi punya rumah tapak dengan halaman besar dan asri di Jakarta. Ditambah, beberapa wilayah bahkan masih dikelilingi banyak pepohonan besar, sehingga udaranya masih terasa sejuk dan segar. Misalnya saja di kawasan Cipayung, Cilangkap, bahkan Pulo Gadung.

3. Ruang terbuka hijau

Karena tidak padat penduduk, Jakarta Timur memiliki cukup banyak lahan kosong untuk disulap menjadi ruang terbuka hijau. Salah satunya yang paling dikenal dan sempat menjadi tren adalah Banjir Kanal Timur (BKT),

Udara di sekitar kanal yang membentang dari Pondok Kopi sampai Cipinang ini masih terasa segar dan asri. Ditambah lagi dengan pepohonan yang rimbun, membuat udara di sekitarnya cukup segar.

4. Fasilitas publik lengkap

Meski tidak memiliki pusat perbelanjaan mewah seperti halnya kawasan Jakarta Selatan atau Jakarta Barat, Anda tidak akan pernah kekurangan hiburan di Jakarta Timur.

Faktanya, Jakarta Timur juga memiliki deretan mal dan pusat perbelanjaan yang lengkap, sarana pendidikan yang lengkap dari jenjang prasekolah hingga perguruan tinggi, serta tempat rekreasi lainnya.

5. Pilihan tempat wisata yang cukup banyak

Meski tak memiliki pusat perbelanjaan mewah atau tempat nongkrong hype seperti di kawasan Jakarta Selatan, Anda bisa menemukan banyak pilihan tempat wisata, terutama untuk keluarga, di Jakarta Timur.

Salah satu yang terkenal adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat wisata ini merupakan salah satu kawasan wisata favorit warga Jakarta. Dengan tiket masuk yang tak terlalu mahal, TMII menyediakan sarana hiburan hingga pendidikan yang cukup mengesankan.

Selain TMII, ada juga Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur atau Buperta Cibubur, Agrowisata Cibugary, hingga Monumen Pancasila Sakti.

6. Pembangunan yang masif

Pembangunan infrastruktur di Jakarta Timur masih berkembang. Bahkan beberapa tahun belakangan, perkembangannya sangat masif. Selain properti, pembangunan infrastruktur juga masih terus dilakukan.

Salah satunya yang masih berlangsung adalah pembangunan infrastruktur transportasi massal, seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT). Pembangunan yang masif ini biasanya juga akan diikuti dengan berbagai proyek dan pembangunan lainnya, termasuk pusat perbelanjaan, apartemen, dan lainnya.

7. Harga rumah terjangkau

Dibandingkan kawasan Jakarta lainnya, harga rumah dijual di Jakarta Timur masih tergolong terjangkau. Anda masih bisa menemukan perumahan baru di Jakarta Timur dengan harga di bawah Rp1 miliar.

Tentu saja ini adalah kesempatan yang bagus untuk Anda yang tengah mencari hunian tetap untuk keluarga.

Dengan tujuh kelebihan di atas, menurut Anda, idealkah Jakarta Timur sebagai tempat tinggal di masa depan?

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid