sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Setelah Cloud Me, Alibaba luncurkan influencer virtual untuk Olimpiade Beijing 2022

Dong Dong diciptakan menyerupai perempuan berumur 22 tahun yang penuh semangat,  blak- blakan, dan menyukai olahraga musim dingin.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Jumat, 11 Feb 2022 18:59 WIB
Setelah Cloud Me, Alibaba luncurkan influencer virtual untuk Olimpiade Beijing 2022

Inovasi gelaran Olimpiade Beijing 2022 seolah tidak ada habisnya. Setelah sebelumnya memperkenalkan Cloud Me, platform yang memungkinkan interaksi langsung dan memutus sekat antarnegara bagi yang ingin merasakan pengalaman Olimpiade Beijing, perusahaan teknologi Alibaba kini meluncurkan influencer virtual dengan teknologi Artificial Intelligence.

Dikutip dari keterangan resmi Jumat (11/2) influencer virtual itu diberi nama Dong Dong. Dia menggambarkan sebuah persona digital untuk berinteraksi dengan para penggemar, membawa inovasi berbasis cloud lebih dekat dengan para konsumen.

Dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global Alibaba Group, Dong Dong diciptakan menyerupai perempuan berumur 22 tahun kelahiran Beijing yang penuh semangat,  blak- blakan, dan menyukai olahraga musim dingin.

Agar lebih terhubung dengan penggemar Olimpiade, terutama generasi muda yang cakap teknologi, Dong Dong dikenal akan fitur-fiturnya yang mirip manusia, kepribadiannya yang berkilau, serta keahliannya untuk berinteraksi dengan penonton dengan cara yang menarik.

Dong Dong tidak hanya akan mempromosikan merchandise Olimpiade yang dapat dibeli di toko Olimpiade resmi di Tiongkok dalam platform Tmall selama acara live streaming-nya. Dia juga mampu menjawab pertanyaan menggunakan suara manusia secara alami lengkap dengan penggunaan berbagai emosi, serta berbagai gestur tubuh seperti mengacungkan jempol dan memeragakan gestur berbentuk hati.

Selain itu, ia juga akan menampilkan acara bincang-bincang langsung untuk memperkenalkan fakta-fakta seru selama Olimpiade kepada penonton. Dia dapat memamerkan gerakan tariannya yang antusias dan ceria diiringi lagu bertema Olimpiade untuk menyemangati para peserta.

“Kami berambisi untuk menggunakan teknologi cloud yang mampu memberikan peningkatan digital pada Olimpiade Musim Dingin dan menghadirkan pengalaman Olimpiade Musim Dingin yang berkaitan dengan layanan platform cloud dan e-commerce kepada penggemar dengan cara yang lebih kreatif dan alami,” kata Leader of Alibaba Virtual Human & Intelligent Customer Service Xiaolong Li. 

Untuk mewujudkan kepribadian Dong Dong yang dinamis, dan bersuara alami layaknya manusia, Alibaba membuat model AI khusus berbasis cloud, dengan menggunakan Text to Speech untuk mensintesis suara manusia. Perusahaan ini kemudian memanfaatkan teknologi berbasis 3D untuk menciptakan berbagai ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang alami.

Sponsored

“Ke depannya, kami akan mendorong batasan-batasan teknologi lebih jauh lagi untuk menciptakan campuran realitas yang memikat. Persona digital atau influencer virtual akan menemukan cara baru terlibat dengan audiens mereka,” tambah Li.

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB

Google suntik mati YouTube Go, ada apa?

Minggu, 14 Agst 2022 13:16 WIB
×
tekid