sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

SpaceX melalui misi Inspiration4, terbangkan 4 astronot amatir pertama di dunia

Empat "astronot amatir" (dua laki-laki dan dua perempuan) dalam misi Inspiration4, diharapkan mengorbit di planet ini selama 3 atau 4 malam.

Clarissa Ethania
Clarissa Ethania Kamis, 16 Sep 2021 10:44 WIB
SpaceX melalui misi Inspiration4, terbangkan 4 astronot amatir pertama di dunia

Roket Falcon 9 SpaceX (perusahaan milik pengusaha Elon Musk) telah resmi meluncur ke orbit. Roket Falcon 9 meluncur dari Kennedy Space Center, milik NASA di Florida, pada Rabu (15/9) pada pukul 8 malam EDT (sekitar Kamis (16/9) pukul 07.00 WIB) itu, berhasil membawa empat "astronot amatir" pertama di dunia ke orbit Bumi.

Empat "astronot amatir" (dua laki-laki dan dua perempuan) dalam misi Inspiration4, diharapkan mengorbit di planet ini selama tiga atau empat hari. Melakukan eksperimen dan mengagumi pemandangan melalui kubah kaca yang dipasang pada kapsul Naga mereka, sebelum pada nantinya akan mendarat di Samudra Atlantik.

Sebelumnya, keempat warga sipil ini telah menghabiskan beberapa bulan terakhir di kursus pelatihan astronot. kru Inspiration4 telah mengikuti pelajaran terbang, sesi centrifuge untuk mengalami peluncuran G-force, dan jam pelatihan dalam simulator kapsul SpaceX, misi tersebut hampir seluruhnya dilakukan secara otomatis.

Mengorbit Bumi
Melansir dari lama resmi SpaceX, Setelah dalam penerbangan, Dragon akan melakukan mengorbit Bumi pada ketinggian rata-rata 575 kilometer. Sekitar 150 km lebih tinggi dari penerbangan luar angkasa manusia sejak misi Hubble.

Kubah observasi cungkup Dragon yang baru akan menjadi jendela ruang angkasa terbesar yang pernah diterbangkan. Kubah observasi tiga lapis, yang telah diuji secara ekstensif dan memenuhi syarat untuk terbang dalam enam bulan, menggantikan mekanisme yang digunakan pada penerbangan Dragon sebelumnya untuk berlabuh ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

4 kru, Inspiration4 
Tim ini dipimpin oleh Jared Isaacman, 38, pendiri dan CEO e-commerce Shift4 Payment, bersama tiga orang lainnya yaitu, Hayley Arceneaux, seorang penyintas Kanker, yang juga bekerja sebagai asisten dokter di Rumah Sakit Penelitian Anak St Jude. 

Juga dalam misi tersebut ada Sian Proctor, seorang ahli geologi dan komunikator sains yang berhasil mencapai babak final proses seleksi astronot NASA 2009, dan  terakhir ada, Chris Sembroski, seorang veteran angkatan udara AS dan insinyur kedirgantaraan dengan Lockheed Martin, yang ditawari kursi oleh seorang teman yang memenangkannya dalam undian amal St Jude.

Tujuan misi
Misi Inspiration4 adalah bagian dari tujuan penggalangan dana ambisius Jared untuk memberikan harapan kepada semua anak dengan kanker dan penyakit yang mengancam jiwa lainnya. Serta, meningkatkan kewaspadaan tentang kanker pada anak-anak, khususnys di rumah sakit St. Jude Children's Research Hospital.

Sponsored

Selain itu, disebut-sebut sebagai “misi semua warga sipil pertama di dunia untuk mengorbit ”, peluncuran ini adalah yang terbaru untuk mempromosikan manfaat pariwisata luar angkasa dan mengikuti penerbangan suborbital pada Juli oleh Sir Richard Branson di SpaceShipTwo milik Virgin Galactic dan Jeff Bezos di roket New Shepard Blue Origin.
 

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid