logo alinea.id logo alinea.id

The Mule: Kisah kurir narkotika berusia senja yang membosankan

The Mule diangkat dari kisah nyata seorang kurir narkotika berusia senja, yang sempat diwawancarai New York Times bernama Leo Sharp.

Nanda Aria Putra Sabtu, 09 Feb 2019 18:18 WIB
The Mule: Kisah kurir narkotika berusia senja yang membosankan

The Mule diangkat dari kisah nyata seorang kurir narkotika berusia senja, yang sempat diwawancarai New York Times bernama Leo Sharp, pada 2014 lalu. Leo berhasil menjadi kurir kepercayaan kartel narkotika Meksiko di Amerika, karena kelihaiannya menyiasati pihak berwajib, dan juga agen khusus penindakan narkotika Drug Enforcement Administration (DEA).

Clint Eastwood bertindak sebagai pemeran utama sekaligus sutradara film ini. Dikisahkan, Earl Stone (Clint Eastwood) seorang pria rendah hati, mudah bersosialisasi, dan punya banyak teman.

Dia aktif di perkumpulan pemuja trofi, dan lebih menghabiskan waktunya—kalau bukan untuk mengurus kebun bunganya, untuk bercengkerama dengan teman-temannya di bar.

Kurir narkotika berusia senja

Rutinitas Earl membuatnya melewatkan momen-momen penting bersama keluarga, antara lain pembaptisan dan pernikahan putrinya Iris (Alison Eastwood), peringatan ulang tahun pernikahannya, serta nyaris gagal menghadiri upacara pernikahan dan wisuda cucu semata wayangnya Ginny (Taissa Farmiga).

Earl pria yang lamboyan, selalu percaya diri di hadapan sejawatnya, dan senang pengakuan. Hal ini sering ditunjukkan lewat Earl yang kerap mentraktir bir teman-temannya di bar.

Clint Eastwood menjadi pemeran utama dan sutradara di film ini. (Imdb.com).

Sampai pada satu titik, dia mengalami masa tua yang depresi. Dia terkendala masalah ekonomi, disisihkan keluarga, tak bertegur sapa dengan anak kandungnya selama 12 tahun terakhir, dan bisnis tanamannya disita pemerintah setempat. Kesulitan hidup yang membawanya jauh dari kehidupan yang flamboyan, seperti beberapa tahun sebelumnya.

Di tengah kondisi semacam itu, Earl mendapatkan satu tawaran dari jaringan kartel narkotika Meksiko untuk menjadi kurir mereka, yang tanpa ragu disanggupi Earl. Dari sini, semua lika-liku kehidupan Earl si kurir narkotika dimulai.

Earl, yang juga pensiunan militer, kerap berhasil mengantar paket yang ditugasi kepadanya. Dia punya jam terbang tinggi dalam berkendara, tak pernah melanggar aturan lalu lintas, dan tak pernah terlibat urusan hukum.

Kerja Earl membuat kepala kartel narkotika Meksiko yang diperankan Laton (Andy Garcia) terkesan. Jumlah paket yang akan diantar Earl terus bertambah.

Di sisi lain, agen DEA Colin Bates (Bradley Cooper) baru saja mendapatkan promosi jabatan di negara bagian tempat di mana kartel beroperasi. Kucing-kucingan antara kartel dan DEA pun terjadi.