sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tiga keberkahan waktu sahur di sepertiga malam

Waktu sahur di sepertiga malam terakhir memiliki banyak keberkahan.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Sabtu, 01 Mei 2021 08:22 WIB
Tiga keberkahan waktu sahur di sepertiga malam

Siapa yang bangun sahurnya kerap mendekati azan Subuh? Dalam kegaitannya, sahur dilakukan pada waktu sepertiga malam terakhir.

Ternyata selain waktu untuk sahur, banyak juga keberkahan yang bisa kita ambil di waktu tersebut. Kira-kira apa saja keberkahan yang dpat kita raih?

1. Mentaati perintah Rasulullah
Adanya perintah menjalani berpuasa sama dengan kita mentaati perintah Rasulullah. Allah berfirman dalam Al-Quran, "Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar (QS. Al Ahzab: 71)."

Dalam menjalani puasa, disunnahkan kita bangun untuk melaksanakan sahur. Allah juga berfirman, yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw, bahwasanya beliau bersabda, "Bersahurlah, karena pada makan Sahur itu ada keberkahan."

2. Allah Swt dan Malaikat-Nya bersalawat kepada orang-orang yang sahur
Bagi orang yang melaksanakan sahur, banyak keberkahan yang ia dapatkan. Pada sata waktu sahur makalikan turun ke bumi dan menjadikan waktu tersebut waktu yang mustajab.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah saw bersabda, "Makan sahur adalah makan penuh berkah, janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bersalawat kepada orang yang makan sahur."

3. Waktu dikabulkannya doa
Pada waktu sahur di sekitar sepertiga malam terakhir merupakan salah satu waktu terkabulnya doa di bulan ramadan. Keutamaanya seperti yang sudah diriwayatkan:

"Rabb kita, tabaroka wa ta'ala, turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata, "Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, pasti akan Kuberi, dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni (HR. Bukhari dan Muslim)." (dari berbagai sumber)

Sponsored
Berita Lainnya