sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Timnas Jerman keluar dari pertandingan karena beknya dihina pemain Honduras

Masalah rasial mewarnai persiapan Timnas Jerman ke Olimpiade 2020. Para pemain pun kompak menunjukkan solidaritas.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 17 Jul 2021 19:55 WIB
Timnas Jerman keluar dari pertandingan karena beknya dihina pemain Honduras

Tim Olimpiade sepakbola Jerman keluar dari lapangan dalam pertandingan pemanasan pra-turnamen melawan Honduras pada hari Sabtu. Pasalnya, salah satu pemainnya mengalami pelecehan rasial.

Pertandingan dihentikan lima menit menjelang pertandingan usai, dengan skor imbang 1-1, setelah bek Hertha BSC Jordan Torunarigha didiskriminasi secara rasial. 

Bek tengah itu menjadi sasaran nyanyian monyet selama pertandingan melawan Schalke pada Februari 2020, dan FA Jerman (DFB) kini telah mengkonfirmasi bahwa dia dihina secara rasial oleh seorang pemain Honduras pada hari Sabtu (17/7).

Bagian sepak bola Olimpiade akan dimulai dalam waktu empat hari dan Die Mannschaft memainkan permainan persiapan menjelang turnamen melawan Honduras - yang juga akan hadir di Olimpiade.

Pertandingan itu seimbang 1-1 dengan lima menit tersisa ketika para pemain Jerman dilaporkan meninggalkan lapangan karena solidaritas dengan rekan satu tim mereka. Tidak ada rincian lebih lanjut yang dilaporkan tentang insiden tersebut.

“Pertandingan telah berakhir 5 menit lebih awal dengan skor 1-1. Para pemain Jerman meninggalkan lapangan setelah Jordan Torunarigha dilecehkan secara rasial,” tulis FA Jerman di Twitter.  Torunarigha, bek berusia 23 tahun yang memiliki darah Nigeria itu sudah bermain di level U-21 untuk Jerman.

Honduras kemudian mengkonfirmasi bahwa pertandingan telah berakhir dengan hasil imbang 1-1 tetapi tidak merinci bahwa permainan berakhir lebih awal setelah lawan mereka keluar dari lapangan.

Ini adalah insiden rasisme terbaru dalam olahraga setelah sepekan belakangan hinaan rasial juga menimpa pemain Inggris, Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka - semuanya gagal mengeksekusi penalti untuk Inggris di final Euro 2020 versus Italia. 

Sponsored

Pemain walk out juga pernah terjadi awal tahun ini. Para pemain Valencia keluar dari lapangan saat pertandingan melawan Cadiz setelah bek mereka Mouctar Diakhaby menuduh bahwa dia dilecehkan secara rasial oleh pemain lawannya Juan Cala. (Sumber: Mirror)

Berita Lainnya