logo alinea.id logo alinea.id

Tips agar pemadaman listrik tak ganggu aktivitas

Momen padamnya listrik membuat kita belajar untuk mengurangi penggunaan listrik.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Senin, 05 Agst 2019 15:55 WIB
Tips agar pemadaman listrik tak ganggu aktivitas

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (4/8) kembali berlanjut hingga Senin (5/8), meski tidak semua wilayah mengalami pemadaman listrik. 

Agar pemadaman listrik tidak menganggu aktivitas Anda, berikut siasat yang dapat dilakukan:

1.Selalu pastikan peralatan elektronik terpenting seperti gawai terisi penuh daya

Sebelum pergi meninggalkan rumah untuk beraktivitas, isi gawai dan perlengkapan pendukung lainnya. Pastikan pula alat pengisi daya cadangan, seperti powerbank, sudah terisi daya listrik. Ini penting untuk memastikan agar aktivitas Anda tak terganggu, terlebih saat dalam perjalanan.

2.Biasakan penggunaan peralatan elektronik seperlunya

Saat listrik padam, Anda kerap bingung dan seperti tidak bisa melakukan aktivitas. Ini menunjukkan betapa tinggi ketergantungan terhadap energi listrik. Bisa jadi momen padamnya listrik juga membuat kita belajar untuk mengurangi penggunaan listrik secara berlebihan, alih-alih menghemat.

Caranya, pilah dan pilih waktu penggunaan perkakas elektronik di rumah yang disesuaikan dengan jadwal rutinitas Anda. Misal, tidak membiarkan ponsel dalam kondisi di-charge saat tidur malam, mencabut kabel stop kontak peralatan elektronik bila tidak sedang dipakai, dan lebih memaksimalkan cahaya matahari masuk ke ruangan rumah saat siang hari ketimbang menyalakan lampu.

3.Gunakan waktu saat listrik padam untuk bercengkerama dengan anggota keluarga atau orang terdekat

Sponsored

Selama ini barangkali kita terlena untuk lebih sering menengok akun media sosial di layar ponsel kita masing-masing ketimbang bertatap muka. Yuk, coba istirahatkan jemarimu dari ponsel, lalu duduk melingkar atau berhadap-hadapan saling bertukar cerita dengan kerabat ataupun orang tua Anda. 

4. Gunakan sarana penerangan berenergi alternatif secara nyaman dan aman

Selain lilin, kita bisa siapkan lampu minyak dan petromaks yang jangka waktu menyalanya lebih lama. Namun, pastikan keadaan di sekitar sarana penerangan alternatif itu bebas dari bahan yang mudah terbakar. Anda juga bisa meletakkan penerangan alternatif itu di tempat yang lebih tinggi dan aman agar dapat memancarkan cahaya ke seluruh ruangan.

5. Persiapkan bahan makanan atau minuman yang sehat dan tahan lama dalam jumlah cukup untuk beberapa hari

Dalam kondisi mati listrik, mobilitas pun terganggu sehingga kita kerap mengurungkan niat untuk bepergian. Jika sudah begini, pastikan waktu Anda tak terbuang percuma di rumah. Dengan menyimpan persediaan makanan dan minuman instan atau camilan, waktu berkumpul bersama keluarga akan lebih meriah. Bisa pula isi waktu dengan berdiam di rumah dengan membaca bacaan ringan.

Selamat mencoba!