sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Avrist AM luncurkan ETF berbasis obligasi

PT Avrist Asset Management (Avram) meluncurkan reksa dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA), Jumat (18/10). Apa saja keunggulannya?

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 19 Okt 2019 16:07 WIB
Avrist AM luncurkan ETF berbasis obligasi

PT Avrist Asset Management (Avram) meluncurkan reksa dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA), Jumat (18/10). Produk ini merupakan Exchange Traded Fund (ETF), yaitu reksa dana yang dapat diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama Avram Hanif Mantiq mengatakan penerbitan ETF ini merupakan salah satu usaha Avram untuk menyediakan produk yang diharapkan dapat memperbesar basis investor ritel di pasar obligasi.

"Selama ini investor ritel tidak bisa mengakses pasar obligasi karena minimnya dana. Selain itu, investor ritel akan mendapatkan kemudahan melakukan transaksi jual beli XAFA melalui platform yang tersedia," ujar Hanif di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/10).

Hanif melanjutkan ETF yang tercatat dengan kode XAFA  ini akan berinvestasi pada FR0081, yaitu surat berharga negara (SBN) dengan jangka waktu 5 tahun. FR0081 dipilih dengan beberapa pertimbangan. Pertama, tingginya likuiditas. Kedua, risiko pasar yang rendah karena berdurasi pendek. Ketiga, peringkat yang tinggi (AAA) sehingga memiliki risiko default rendah.

Sponsored

PT Avrist Asset Management (Avram) meluncurkan reksa dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I (XAFA), Jumat (18/10). Alinea.id