sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Artis K-Pop bunuh diri tak tahan bully netizen

Komentar miring fans turut memperbesar tekanan mental yang berujung frustrasi.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Jumat, 29 Nov 2019 16:22 WIB
Artis K-Pop bunuh diri tak tahan bully netizen
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Fenomena bunuh diri artis Korean-Pop Goo Hara dan Sulli mendapat perhatian cukup serius dari Komisioner Komnas Perempuan, Magdalena Sitorus. 

Menurut Magdalena, karakter media sosial yang memungkinkan penyebaran suatu materi informasi memunculkan dampak negatif yang fatal. Tak terkecuali penyebaran ujaran kebencian atau komentar negatif dari sekelompok masyarakat yang tak menyukai satu artis tertentu.

“Betapa teknologi media membuat perundungan via media sosial dapat berlangsung dengan cepat. Materi ujaran dan komentar yang dibagi lalu menyebar cepat via media sosial bisa menjatuhkan rasa percaya diri orang,” kata Magdalena kemarin (27/11).

Dia menilai, efek buruk viralnya komentar negatif dapat menimpa siapa saja. Namun, khusus pada perempuan, selentingan dan ejekan yang ditujukan cenderung menjurus perihal penampilan dan ketubuhan.

“Bajunya kurang inilah-itulah, juga bagian tubuh tertentu dikomentari,” kata Magdalena mencontohkan.

Pada kasus bunuh diri Goo Hara, komentar miring fans turut memperbesar tekanan mental yang berujung frustrasi. Kesedihan semakin mendalam dirasakan Goo Hara selain tekanan yang dialaminya dalam persidangan kasus video mesumnya bersama mantan kekasihnya, Choi Jong Bum.

Semakin tinggi intensitas mengakses media sosial atau terus-menerus, akan menjebloskan orang pada rasa minder atau merasa orang lain lebih baik dan berhasil daripada dirinya.Alinea.id/Dwi

 

Sponsored
Berita Lainnya