sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dokter Reisa di panggung Covid-19

Dokter Reisa sebelumnya dikenal sebagai model dan pemandu acara di sebuah stasiun televisi swasta.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 17 Jun 2020 23:35 WIB
Dokter Reisa di panggung Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 68079
Dirawat 33135
Meninggal 3359
Sembuh 31585

Pemerintah menghadirkan dokter Reisa Broto Asmoro di panggung Covid-19. Menemani Achmad Yurianto sejak 9 Juni 2020, Reisa ditugaskan menjadi juru bicara komunikasi publik Gugus Tugas Covid-19. 

Sebelum didapuk jadi juru bicara, Reisa terkenal sebagai pemandu acara DR OZ Indonesia di salah satu stasiun televisi. Perempuan berusia 34 tahun itu juga dikenal publik sebagai model. 

Pakar komunikasi politik Universitas Mercu Buana Jakarta Afdal Makkuraga Putra menilai kehadiran Reisa menghadirkan dampak psikologis yang cukup positif bagi publik. Reisa, kata dia, bisa meredakan ketegangan saat menyaksikan pengumuman rutin dari pemerintah. 

"Setiap hari kita tonton Pak Yuri yang tegang, yang jarang senyumnya. Covid-19 membuat kita takut dan disampaikan pula dengan wajah yang tegang. Ini membuat masyarakat jadi lebih takut dan waspada. Dokter Reisa datang dengan senyuman sehingga membuat publik jadi lebih rileks," kata Afdal kepada Alinea.id, Senin (16/6).

Sponsored

Namun demikian, Afdal mengatakan pesan publik yang disampaikan Reisa tidak akan berdampak pada koordinasi yang selama ini terjadi antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk antarkementerian. Pasalnya, Reisa bukan pengambil kebijakan. 

Di sisi lain, publik juga kadung menilai negatif kebijakan-kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19. "Dia (Reisa) hanya sekadar penyampai pesan, komunikator dalam hal ini. Tapi, level penentu kebijakan kan di atas mereka itu," jelas Afdal. 

Infografik Alinea.id/Hadi Tama
 

Berita Lainnya