sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Faktor pemicu seseorang bisa berlaku kejam

Pembunuhan hanya akan terjadi dalam situasi tertentu, dan saat itu saja. Biasanya, pelaku akan menyesal dengan perbuatannya usai peristiwa.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 05 Mar 2019 11:22 WIB
Faktor pemicu seseorang bisa berlaku kejam
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 113134
Dirawat 37598
Meninggal 5302
Sembuh 70237

Guru besar Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) Muhammad Mustofa mengatakan, banyak kasus pembunuhan terjadi karena ada kedekatan antara pelaku dan korban.

Konflik itu tercipta dari hubungan kedekatan, yang bisa jadi pemantik kekejaman yang dilakukan.

“Banyak pembunuhan itu terjadi dalam kondisi situasional. Pada situasi yang amat sangat khusus, saling mengenal, terus terjadi konflik. Kemudian karena lepas kendali melakukan pembunuhan,” tuturnya ketika dihubungi reporter Alinea.id, Jumat (1/3).

Lebih lanjut, Mustofa menuturkan, setiap manusia punya kemampuan untuk meniadakan manusia lainnya. Akan tetapi, norma-norma yang tertanam di dalam diri manusia untuk menghargai jiwa orang lain dapat menjadi tali kekang dari sifat ego pribadi itu.

Sponsored

“Jika norma penghargaan terhadap manusia lainnya itu tidak berjalan dengan efektif, biasanya pembunuhan itu adalah salah satu cara yang dipakai untuk menyelesaikan masalah,” katanya.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang tega berlaku kejam.

Berita Lainnya