sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kenapa harga BBM tak kunjung turun?

Keputusan penurunan harga BBM ada di tangan Kementerian ESDM.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Rabu, 29 Apr 2020 07:46 WIB
Kenapa harga BBM tak kunjung turun?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menerangkan, belum turunnya harga BBM saat ini bukanlah kehendak yang bisa diatur perusahaan. Kewenangan penurunan harga BBM, kata ia, sepenuhnya ada di tangan Menteri ESDM.

“Setiap bulan mengikuti formula harga yang ditetapkan (Kementerian) ESDM. Jadi sebetulnya penetapan harga dilakukan pemerintah. Nah, hari ini memang belum ada perubahan,” ungkap Nicke saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Kamis (16/4).

Sebaliknya, Nicke justru mengungkapkan bahwa saat ini Pertamina sedang dalam kondisi yang sangat berat. Ada setidaknya tiga hal yang membuat Pertamina kini terlunta-lunta.

Pertama, kelebihan suplai minyak mentah dunia yang kini juga dibarengi dengan anjloknya permintaan. Kedua, turunnya permintaan minyak dalam negeri yang otomatis berpengaruh terhadap pendapatan Pertamina. Terakhir, depresiasi nilai tukar rupiah juga membuat kinerja perusahaan menurun.

Sponsored

“Karena kita melakukan pembelanjaan dalam dolar AS (Amerika Serikat) tetapi harga jual dalam rupiah. Sehingga ini ada dampak yang besar terhadap kinerja perusahaan,” tutur ia.

Harga BBM di Tanah Air belum turun meski harga minyak dunia anjlok cukup dalam. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Berita Lainnya