sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kerumunan massa Rizieq

Kerumunan massa Habib Rizieq Shihab berbuntut panjang karena dianggap melanggar protokol kesehatan.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Jumat, 20 Nov 2020 16:12 WIB
Kerumunan massa Rizieq
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Persamuhan di Petamburan berbuntut panjang. Acara yang menimbulkan kerumunan itu dituding melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Sehari setelah hajatan itu digelar, Satpol PP DKI Jakarta memberikan sanksi administrasi kepada pimpinan FPI Rizieq Shihab sebesar Rp50 juta. Sanksi itu tertuang dalam surat resmi Satpol PP Nomor 2250/-1.75.

Ada dua aturan yang dilanggar, yakni Pergub DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dan Pergub DKI Jakarta Nomor 80 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB pada masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Bukan hanya itu. Pada 17 November, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil Polda Metro Jaya untuk memberikan klarifikasi terkait kerumunan di Petamburan. Sebelumnya, pada 16 November, Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi. Selain itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto dan Kapolres Bogor AKBP Roland Rolandy juga dicopot.

Sponsored

Infografik kerumunan massa FPI. Alinea.id/Bagus Priyo.

Berita Lainnya