logo alinea.id logo alinea.id

Kisah hidup Titien Sumarni

Titien Sumarni wafat tanpa ditemani seorang pun lelaki yang pernah berhubungan dengannya.

Fandy Hutari
Fandy Hutari Kamis, 10 Jan 2019 10:47 WIB
Kisah hidup Titien Sumarni

Titien Sumarni adalah bintang film tenar pada 1950-an. Dia menjadi contoh aktris yang pernah terlibat skandal dengan pejabat dan pengusaha di zamannya.

Menurut buku Apa Siapa Orang Film Indonesia 1926-1978 (1979), Titien diperkenalkan pegawai studio film Golden Arrow Harun Al Rasyid kepada sutradara Rd. Ariffin yang hendak membuat film. Dia lalu diajak bermain dalam film Seruni Laju (1951).

Titien menikah muda. Di usianya yang masih 16 tahun, dia dipersunting Moestari, seorang duda berusia 32 tahun, yang bekerja sebagai pegawai negeri di Jawatan Perekonomian Tasikmalaya. 

Selecta edisi 4 Juli 1966 menulis, orang penting yang mengizinkan Titien terjun ke dunia film adalah Moestari. Dunia gemerlap film, akhirnya malah membuat Titien lupa daratan.

Sponsored

Awal kiprahnya di dunia film tak mulus. Titien pernah bermain dalam film-film produksi studio film raksasa Persari milik Djamaluddin Malik, seperti Pengorbanan (1952) dan Lagu Kenangan (1953).

Akan tetapi, menurut Rd. Lingga Wisjnu dalam bukunya Rahasia Hidup R.A. Titin Sumarni (1955), Titien dicoret dari Persari lantaran bermain sandiwara yang disponsori rokok keretek. Meski akhirnya, jasa Titien kembali dipakai Persari beberapa tahun kemudian.