sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kritik publik berujung laporan ke polisi

Kegagapan Garuda Indonesia merespons kritik disesalkan. Bagaimana seharusnya manajemen perusahaan bertindak bila ada kritik dari konsumen?

Soraya Novika
Soraya Novika Rabu, 31 Jul 2019 14:41 WIB
Kritik publik berujung laporan ke polisi

Ketua Cyber Law Center Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Sinta Dewi memandang, apa yang disampaikan Youtuber Rius Vernandes dan kekasihnya Elwiyana Monica atas pelayanan jasa penerbangan kelas bisnis maskapai Garuda Indonesia sama sekali tak melanggar pasal yang sempat menjerat keduanya.

"Mereka hanya ingin memenuhi unsur haknya sebagai penumpang maskapai. Kalau mengkritik di luar haknya dan ada niat untuk menghina, baru bisa kena," ujar Sinta ketika dihubungi, Selasa (30/7).

Meski demikian, dia tetap menyayangkan cara penyampaian kritik yang dilakukan keduanya. Menurut Sinta, sebaiknya kritik disampaikan terlebih dahulu kepada jasa penerbangan terkait sebelum mengunggahnya di media sosial.

Sementara itu, Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan, manajemen krisis dan komunikasi publik Garuda Indonesia masih terlalu ketinggalan zaman. Terutama, ketika Garuda mengeluarkan larangan mendokumentasikan kegiatan di pesawat bagi penumpang maupun awak kabin.

Masyarakat yang menyampaikan kritik, kerap dianggap mencemarkan nama baik oleh sebuah perusahaan.

Sponsored