sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menghimpun cuan kala Ramadan

Sederet lini bisnis merasakan untung yang berlipat kala bulan Ramadan.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Selasa, 24 Mar 2020 23:42 WIB
Menghimpun cuan kala Ramadan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 232628
Dirawat 55000
Meninggal 9222
Sembuh 166686

Berkah Ramadan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi sederet lini bisnis. Selama Ramadan hingga Idul Fitri, bisnis kuliner, fesyen, restoran, ritel, dan pariwisata berkesempatan meraup untung yang berlipat. 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey memprediksi adanya peningkatan penjualan bahan kebutuhan pokok di ritel modern sebesar 10% hingga 15% selama bulan Ramadan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung juga mengungkapkan peningkatan transaksi e-commerce selama bulan Ramadan dapat melebihi 100%. Adapun produk yang paling diburu biasanya fesyen, elektronik, kosmetik, dan makanan. Namun, kenaikan penjualan tiap peritel daring tak bisa dipukul rata. Semua bergantung pada strategi bisnis yang diluncurkan masing-masing e-commerce.

Momen bulan suci yang meningkatkan omzet juga turut dirasakan bisnis restoran. Salah satunya berasal dari kegiatan buka bersama yang kerap dilakukan di restoran maupun kafe. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Bidang Restoran Sudrajat mengatakan peningkatan penjualan selama bulan Ramadan bisa mencapai 60% sejak hari ke-5 bulan Ramadan. 

Sponsored

Namun, di tahun ini berkah keuntungan di bulan Ramadan terancam surut karena coronavirus. Hingga kini, pandemi Covid-19 di Indonesia per tanggal 24 Maret jumlahnya mencatat 55 korban meninggal dunia, 686 terinfeksi, dan 30 sembuh.

Sederet lini bisnis yang biasa mendapatkan keuntungan setiap menjelang hingga akhir bulan Ramadan. Alinea.id/OkyDiaz

Berita Lainnya