sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Saling sikut Anies dan 'tim' Jokowi

Menteri-menteri Jokowi kerap mengkritik kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 11 Feb 2020 20:19 WIB
Saling sikut Anies dan 'tim' Jokowi

Pemerintah pusat kerap menghambat program-program yang diinisasi Gubernur DKI Jakarta. Tak hanya soal penanganan banjir, silang pendapat juga terjadi antara menteri Jokowi dengan Anies dalam berbagai isu, semisal revitalisasi Monas dan rencana gelaran Formula E.

Politikus PDI-Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan beda pendapat ini muncul karena kebijakan Anies kerap bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku. Itu tidak terjadi pada era gubernur-gubernur sebelum Anies. 

"Soal perbedaan Anies dan pemerintahan pusat lebih karena ada pihak yang menjalankan kebijakan yang berakibat merugikan masyarakat. Kasus penanganan banjir menunjukan ketidaksiapan Pemda DKI dalam mengatasi masalah yang selalu terjadi berulang di DKI," kata Andreas kepada Alinea.id di Jakarta, Senin (10/1).

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, beda sikap Anies dan pemerintahan Jokowi bukan semata karena soal program semata. Namun, perbedaan dukungan politik dan pemilih kerap membuat Anies dan Jokowi tak akur.

Sponsored

"Ini rangkaian yang tidak terpisah. Ada kontinuitas. Bukan sebuah fenomena yang berdiri sendiri, tapi ada kelanjutan dari fase-fase sebelumnya. Jadi, enggak mudah juga soal hati kan," kata Pangi. 

Menurut Pangi, hubungan Anies dan pusat yang tak harmonis muncul karena tak ada chemistry di antara keduanya. "Ketika Pak Ahok jadi gubernur, itu semuanya didukung oleh pemerintah pusat. Mereka sangat cair. Tidak ada kebuntuan politik," ujar dia. Infografik Alinea.id/Dwi Setiawan

Berita Lainnya