Sentimen media atas Ratna Sarumpaet

Media mana yang terbanyak memberitakan Ratna Sarumpaet sepekan terakhir?

Sentimen media atas Ratna Sarumpaet Ratna Sarumpaet digelandang sebagai tersangka pencipta hoaks./ Antarafoto

Apa yang menimpa Ratna pun dengan segera merebut perhatian publik, mengalahkan berita soal gempa Palu-Sigi-Donggala. Dalam sepekan terakhir saja, ada 311 media yang mewartakan isu penganiayaan Ratna. Detik.com menjadi media yang terbanyak menulis isu itu dengan total berita mencapai 134 buah.

Berita pertama muncul dengan angle pembeberan informasi soal dugaan penganiayaan. Begitu ada kecurigaan kabar itu hanya pepesan kosong, Detik.com buru-buru meminta konfirmasi kepada manajemen Bandara Husein Sastranegara, Bandung sore harinya.

Media berikutnya yang paling banyak menginfokan soal ini adalah Tribun News 76 berita, Tempo Interaktif 73 berita. Lalu disusul Pojok Satu 66 berita, dan Jawa Pos 56 berita. Kebanyakan media daring ini memberitakan isu Ratna dengan sentimen negatif. Berita soal Ratna di Detik.com punya proporsi sentimen negatif sebanyak 51,32%, Tribun 49,49%, Tempo Interaktif 40,96%, Pojok Satu 45,71%, dan Jawa Pos 43,55%.

Kendati selang sehari Ratna segera mengakui semua informasi penganiayaan itu hanya omong kosong, media tetap punya sentimen berita negatif terhadap perempuan 69 tahun tersebut. Tak hanya Ratna, sentimen negatif pun terbaca pada Prabowo Subianto. Mantan suami Titiek Soeharto ini sendiri awalnya paling reaktif membela Ratna. Bahkan menuding ada oknum dari kubu lawan yang berusaha membungkam Ratna.


Berita Terkait