sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Startup unicorn yang PHK karyawannya

Baru-baru ini, Bukalapak melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya. Startup sekelas unicorn ternyata tak menjamin ada masalah.

Soraya Novika
Soraya Novika Jumat, 13 Sep 2019 20:55 WIB
Startup unicorn yang PHK karyawannya

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Rhenald Kasali menuturkan, salah satu penyebab langkah efisiensi yang dilakukan Bukalapak terjadi karena penanganan manajemen perusahaan yang sedikit ketinggalan zaman.

"Dalam era #MO (mobilisasi dan orkestrasi) dewasa ini, dunia marketplace online dan banyak startup lokal tengah mengalami sebuah pertempuran dalam penanganan manajemen antara dinamika dan cara manajemen yang disebut sebagai new power versus start up, yang dikelola oleh cara-cara old power," ujar Rhenald saat dihubungi, Jumat (13/9).

Menurut Rhenald, untuk memenangkan persaingan di era #MO, ada baiknya semua perusahaan, baik digital maupun konvensional, memperhatikan manajemen bisnis, yang berhubungan dengan pilihan sumber dana, mentor, dan cara merespons sebuah masalah.

"Sesudah Bukalapak melalui proses efisiensi ini dalam dua bulan ke depan, baru bisa kita lihat apakah manajemen perusahannya mampu menangani setiap permasalahan yang ada," katanya.

Sponsored

Status unicorn bukan berarti perusahaan tak pernah didera masalah. Alinea.id/Oky Diaz.