sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Strategi menyelamatkan sektor pariwisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melancarkan sejumlah strategi untuk memulihkan sektor pariwisata yang lesu akibat pandemi.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Selasa, 05 Jan 2021 07:58 WIB
Strategi menyelamatkan sektor pariwisata
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 882.418
Dirawat 138.238
Meninggal 25.484
Sembuh 718.696

Pada rapat online 17 Desember 2020 lalu, Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memerintahkan kepala daerah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan berbagai kebijakan yang bertujuan mengerem laju penularan Coronavirus. Titah itu disampaikan dalam Rapat Online tentang Persiapan Menyambut Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Salah satunya, pelancong harus melakukan uji rapid antigen yang mahal. Bahkan, khusus untuk masyarakat yang ingin terbang ke Bali diharuskan untuk menyertakan bukti negatif Covid-19 dengan hasil uji Polymerase Chain Reaction (PCR).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kebijakan untuk menyertakan hasil rapid antigen dan PCR selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) bertujuan agar penerapan protokol kesehatan tetap berjalan. Ini seiring dengan upaya pemulihan ekonomi yang terus dilakukan pemerintah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun telah menyusun sejumlah strategi untuk memulihkan sektor pariwisata.

Sponsored

Alinea.id mengulas dampak kebijakan yang berubah tersebut pada sektor pariwisata dan transportasi disini.

Berita Lainnya