sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Supaya PSBB tak langgar HAM

KomnasHAM mengeluarkan sepuluh rekomendasi terkait pemberlakuan PSBB.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Jumat, 17 Apr 2020 01:31 WIB
Supaya PSBB tak langgar HAM
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KomnasHAM) telah mengeluarkan sepuluh rekomendasi agar pemberlakuan PSBB tetap efektif dan tidak melanggar HAM. Salah satunya ialah pemberlakukan sanksi denda atau kerja sosial bagi para pelanggar aturan. 

Menurut komisioner KomnnasHAM Amiruddin, rekomendasi itu disusun dan diberikan kepada kepala daerah supaya ada aturan main yang tepat dalam penegakan hukum terkait PSBB. 

"Perlu aturan main dalam PSBB ini. KomnasHAM sudah kasih masukan ke Gubernur DKI. Masukan KomnasHAM bisa dipakai untuk Jawa Barat yang memberlakukan PSBB juga," kata Amiruddin kepada Alinea.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meksi begitu, Amiruddin juga tetap meminta agar polisi berani menindak tegas warga yang membandel. Namun demikian, pihaknya juga siap mengawasi potensi pelanggaran HAM dalam pemberlakuan PSBB.  

Sponsored

"Makanya, masyarakat juga harus mematuhi ketentuan yang ada dan mengindahkan himbauan aparat. Masyarakat juga jangan bertindak semaunya. Jika terjadi kekerasan, ya, kita proteslah. Saya rasa polisi juga tidak bertindak gegabah," ujar Amiruddin.

Infografik Alinea.id/Oky Diaz

Berita Lainnya