sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tips mengelola biaya pendidikan

Perencanaan biaya pendidikan dilakukan dengan investasi yang tepat.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Senin, 15 Jun 2020 10:13 WIB
Tips mengelola biaya pendidikan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 66226
Dirawat 31798
Meninggal 3309
Sembuh 30785

Tidak dipungkiri pandemi yang menerjang dunia sejak awal tahun 2020 di China telah mempengaruhi semua aspek kehidupan. Di Indonesia sendiri wabah Covid-19 tak hanya mempengaruhi sektor kesehatan namun juga sektor ekonomi menyusul adanya imbauan social distancing.

Saat ini, banyak pekerja yang mengalami pemotongan gaji. Namun, tak sedikit pekerja yang dirumahkan atau diberhentikan lantaran sulitnya kondisi keuangan pemberi kerja. Hal ini dipastikan mempengaruhi perekonomian rumah tangga.

Salah satu dampaknya dirasakan para orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah swasta. Termasuk sekolah swasta berstandar internasional yang memungut uang pangkal dan bulanan dengan nominal selangit.

Di sisi lain, dana pendidikan cenderung mengalami inflasi tiap tahunnya. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi subsektor pendidikan mencapai 4,24% sepanjang tahun 2019. Inflasi pendidikan kerap terjadi pada bulan Juli-September yang bertepatan dengan tahun ajaran baru. Karenanya, meski tidak ada pandemi, perencanaan biaya pendidikan mutlak dilakukan oleh para orang tua. Dua perencana keuangan ternama akan membagikan tips seputar mengelola biaya pendidikan disini.

Sponsored

Mengatur biaya pendidikan anak membutuhkan perencanaan yang matang. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya