sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bintara Pembina Desa di Kodim 0424 Tanggamus dilatih dasar jurnalistik di Pringsewu

Komandan Kodim 0424 mengakui kegiatan ini memang pertama kali diadakan.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Senin, 25 Apr 2022 20:34 WIB
Bintara Pembina Desa di Kodim 0424 Tanggamus dilatih dasar jurnalistik di Pringsewu

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka pelatihan dasar-dasar jurnalistik bagi para Bintara Pembina Desa (Babinsa), Selasa (19/4), di aula STMIK Pringsewu, Lampung.

"Hari ini pelatihan dasar-dasar jurnalistik bagi Babinsa 0424 Tanggamus yang berada di wilayah Kabupaten Pringsewu. Pelatihan di sini diberikan bekerja sama antara STMIK Pringsewu serta dengan narasumber dari media Sumatera Post. Diharapkan nanti setelah mengikuti kegiatan ini, para Babinsa memiliki keterampilan jurnalistik untuk mampu membuat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik," kata Wabup Fauzi.

"Dan nantinya diharapkan juga bahwa, karena para Babinsa ini, pensiunnya pun di usia 53 tahun, bisa-bisa saja ini menjadi bekal bagi mereka yang melanjutkan kehidupan setelah pensiun nanti. Setelah pensiun, mereka bisa jadi jurnalis dan sebagainya. Itu harapan kami," tegasnya.

Wabup Fauzi menguraikan sambutannya, ilmu yang didapatkan tentang dasar-dasar jurnalistik tentunya bisa dijadikan bekal bagi para Babinsa dalam perannya membina masyarakat di desa binaannya masing-masing. Dan tentunya sangat membantu pemerintah daerah dalam proses pembangunan.

Hadir pada pembukaan pelatihan itu, Komandan Komando Daerah Militer (Dandim) 0424 Tanggamus Letkol (Arm) Micha Arruan. Ketua STMIK Pringsewu Sri Hartati, Asisten I Pemkab Pringsewu Purhadi, Kesbangpol Pringsewu, dan Diskominfo Pringsewu.

Sementara itu, Komandan Kodim 0424 Letkol Micha menyampaikan ucapan terima kasih atas inisiasi dari pihak Sumatera Post, bagian dari PWI Pringsewu. Serta pihak kampus STMIK Pringsewu yang memfasilitasi kegiatan memberikan ilmu bagi para Babinsa Kabupaten Pringsewu.

"Tentunya kami berharap dapat mendukung kinerja anggota kami dalam memberikan informasi positif tentang pembangunan di desa," ujar Letkol Micha.

"Manfaatnya supaya bisa menambah pengetahuan, keterampilan anggota juga, para Babinsa di lapangan. Di antaranya adalah supaya mereka bisa menyampaikan apa program-program pemerintah, bisa menyampaikan juga hasil-hasil pembangunan yang ada di desa," katanya.

Sponsored

Komandan Kodim 0424 mengakui kegiatan ini memang pertama kali diadakan. Tujuannya supaya mereka paham juga karena bagaimanapun Babinsa di lapangan suatu saat pasti akan bersinggungan langsung dengan rekan-rekan media. Sehingga harus mengerti apa tugas pokok media. Dengan adanya kesepahaman itu bisa saling sinergi di lapangan, berkolaborasi dengan media.

"Pengetahuan jurnalistik sangat penting bagi Babinsa. Karena dengan kegiatan jurnalistik ini, mereka bisa mengikuti salah satu fungsi media, yaitu meningkatkan daya tarik, meningkatkan citra sebenarnya," sambungnya seperti ditayangkan ICT STMIK Pringsewu TV Lampung, Kamis (21/4).
 
"Yang paling penting, bisa menyampaikan program-program pemerintah yang sudah berjalan maupun hasil-hasil pembangunan supaya berkolaborasi di lapangan nantinya," imbuh Letkol Micha.

Dandim 0424 Tanggamus juga memberikan piagam penghargaan kepada pihak STMIK Pringsewu dan media Sumatera Post atas terselenggaranya kegiatan pelatihan dasar jurnalistik bagi para Babinsa 0424 Tanggamus.

Panitia pelaksana kegiatan Andreas Andoyo dari Sumatera Post, yang sekaligus menjadi narasumber, menyebutkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Kodim 0424, STMIK Pringsewu, Biro Sumatera Post Pringsewu.

Dengan tujuan, anggota Babinsa bisa menulis berita kegiatan di Koramil masing-masing. Dan diteruskan ke media massa. Sehingga masyarakat lebih mengenal dan mengetahui kiprah TNI di wilayahnya. Dan peserta mampu menulis berita secara akurat dan benar dalam menggali potensi desa binaannya agar dapat memacu desanya aktif dalam pembangunan. Serta meningkatkan peran sivitas akademik Pringsewu dalam mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi. Pelatihan ini mengusung tema: Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita sebagai Bahan Publikasi Kegiatan TNI Lintas Sektoral Bersama Komponen Masyarakat dalam Membangun Desa.

Pada pelatihan ini, para Babinsa mendapatkan materi tentang etika jurnalistik, Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, teknik penulisan berita, teknik reportase dan menggali bahan berita, teknik pengambilan foto jurnalistik, serta pengenalan dan praktik teknologi informasi.

Berita Lainnya