sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

2 jurnalis Fox News tewas saat meliput konflik di Ukraina

Kementerian Pertahanan Ukraina menyalahkan pasukan Rusia atas serangan itu.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Rabu, 16 Mar 2022 10:15 WIB
2 jurnalis Fox News tewas saat meliput konflik di Ukraina

Dua jurnalis Fox News, Oleksandra Kurshynova, 24 tahun, dan Pierre Zakrzewski, 55 tahun, tewas ketika kendaraan mereka ditabrak di daerah Horenka tak jauh dari Kiev, Ukraina. Zakrzewski merupakan juru kamera Fox News dan Kurshynova merupakan produser. Kementerian Pertahanan Ukraina menyalahkan pasukan Rusia atas serangan itu.

Seperti dilansir Aljazeera, Rabu (16/3), Presenter Fox News Bill Hemmer mengumumkan kematian kolega mereka dan menyebut Zakrzewski sebagai sorang legenda untuk saluran berita tersebut.

“Dia telah bersama kami selama bertahun-tahun meliput perang di Irak dan Afghanistan dan Suriah," kata Hemmer.

Keduanya bertugas melakukan reportase di Horenka, di pinggiran Kiev bersama koresponden Fox Benjamin Hall yang terluka dalam insiden tersebut. Saat ini Hall tengah dirawat di rumah sakit. Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan dalam sebuah tweet bahwa Hall kehilangan sebagian kakinya.

"Semangat dan bakat Zakrzewski sebagai jurnalis tidak tertandingi. Dia sangat berkomitmen untuk menceritakan kisah di Ukraina. Keberanian, profesionalisme, dan etos kerjanya terkenal di kalangan jurnalis di setiap media," kata CEO Fox Suzanne Scott dalam memo internal yang mengumumkan kematian Zakrzewski.

Catatan Pemerintah Ukraina menyebutkan kematian Zakrzewski dan Kurshynova membuat jumlah korban tewas dari kalangan wartawan dalam perang menjadi lima orang. Sebelumnya pembuat film Amerika Serikat yang juga bekerja sebagai jurnalis Brent Renaud mengalami nasib serupa saat meliput konflik.

Kepala Hak Asasi Manusia Parlemen Ukraina Lyudmyla Denisova mengatakan, puluhan wartawan mengalami luka ringan maupun berat dalam peliputan konflik Ukraina. "Setidaknya 35 wartawan telah menjadi korban pasukan Rusia,” Denisova menulis di Telegram.

Renaud ditembak mati oleh pasukan Rusia pada 13 Maret di wilayah Irpin, di luar Kiev menurut seorang kepala polisi. Wartawan Ukraina Evgeny Sakun tewas dalam serangan terhadap menara televisi Kiev dan Viktor Dudar, reporter Ukraina lainnya, tewas dalam pertempuran di dekat kota pelabuhan selatan Mykolaiv.

Sponsored
Berita Lainnya