sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bisakah PR mendorong Lead Gen untuk startup teknologi?

Dengan perubahan kebijakan periklanan Google dan pergeseran Facebook dan Instagram, Hubungan Masyarakat, atau PR, bisa menjadi kunci.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 19 Nov 2021 10:10 WIB
Bisakah PR mendorong Lead Gen untuk startup teknologi?

(Lead Gen: Generasi prospek, proses pemasaran untuk merangsang dan menangkap minat pada produk atau layanan untuk tujuan mengembangkan jalur penjualan, memungkinkan perusahaan untuk memelihara target sampai mereka siap untuk membeli)

Kim Caro berpengalaman sembilan tahun dalam hubungan masyarakat, pemasaran digital, pemasaran konten, manajemen proyek, dan manajemen akun, memiliki hasrat untuk membantu merek meningkatkan strategi pembayaran, perolehan, pembagian, dan kepemilikan mereka.

Inilah tips yang dibagikannya:

Dengan perubahan kebijakan periklanan Google dan pergeseran Facebook dan Instagram, Hubungan Masyarakat, atau PR, bisa menjadi kunci baru untuk lead generation. Karena cara konten bersponsor dibatasi oleh algoritma, klien potensial Anda lebih cenderung terlibat dengan bagian PR Anda, sebelum itu disajikan konten bersponsor Anda. 

Apakah ini berarti PR benar-benar dapat menghasilkan prospek? Ini adalah pendekatan kontroversial di banyak organisasi, terutama industri berbasis layanan seperti teknologi; mengapa menghabiskan waktu untuk PR dan media yang diperoleh ketika Anda dapat melibatkan audiens Anda secara langsung dengan iklan bertarget? Orang tidak terlibat dengan PR di sekitar startup teknologi, bukan? Banyak bisnis membuat kesalahan ini, dengan asumsi bahwa mereka tidak perlu fokus pada strategi PR. Tapi, bisakah PR menjadi rahasia baru untuk memimpin?

Dalam pengalaman kami, PR dapat mendorong lead gen. Kami memiliki rekomendasi ketika Anda merencanakan strategi dan ide PR Anda untuk menggabungkan PR dan strategi pembuatan prospek Anda. Biarkan kami menunjukkan kepada Anda bahwa PR sama pentingnya dengan kesuksesan perusahaan Anda seperti halnya memiliki strategi pemasaran.

Bisakah PR Mendorong lead gen untuk Startup Teknologi? Dalam satu kata? Ya.

PR, atau hubungan masyarakat, setara dengan media yang diperoleh. Media yang diperoleh adalah konsep penempatan di media atau di saluran media sosial yang tidak Anda bayar atau sponsori, tetapi hanya mendapatkan penempatannya. Media yang diperoleh adalah kunci untuk meningkatkan SEO Anda sebagai perusahaan, yang mengarah ke visibilitas dan posisi kepemimpinan yang berharga dengan tautan kembali ke startup teknologi Anda.

Sponsored

Orang-orang lebih mempercayai media yang tidak disponsori daripada iklan, seperti yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian. Mereka melihatnya sebagai bentuk komunikasi yang lebih tepercaya, mengingat Anda tidak membeli publisitas. Humas dapat menjadi jangkar baru untuk menyatukan aktivitas bisnis Anda -- terutama setelah pandemi, di mana uang sangat terbatas bagi banyak orang. PR diperoleh, bukan dibayar. Ini dapat menghemat uang Anda sambil tetap menjangkau calon klien Anda.

Humas juga dapat mendorong kesadaran khalayak umum, yang nantinya dapat menghasilkan prospek. Dengan PR, Anda menjangkau audiens yang lebih luas daripada yang diizinkan oleh iklan bertarget. Audiens ini mungkin terdiri dari segmen utama Anda, tetapi juga dapat mencakup prospek yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Dengan menawarkan interpretasi audiens umum tentang merek Anda, Anda mendorong kesadaran di seluruh kelompok orang yang lebih besar.

PR juga dapat membangun kesadaran dengan:

Menarik perhatian pembaca/pemirsa
Mendidik calon pembeli/audiens
Melengkapi audiens target Anda dengan informasi yang diperlukan tentang perusahaan, layanan, dan/atau produk Anda
Menargetkan audiens Anda di mana mereka membuat keputusan pembelian, menemukan berita, dan/atau mencari saran untuk menghadapi tantangan di industri Anda

Secara umum, PR bisa menjadi alat yang sangat kuat dalam menghasilkan prospek. Orang lebih cenderung terlibat dengan informasi yang mereka percayai dan yang menawarkan solusi/informasi yang mereka butuhkan. Namun, ada beberapa yang harus dan tidak boleh dilakukan saat Anda menambahkan PR ke dalam kampanye pemasaran Anda.

Rekomendasi untuk Kampanye PR & Lead Generation

Ya, PR bisa menjadi alat yang ampuh dan menguntungkan — jika dilakukan dengan baik. Ketika dilakukan secara efektif, PR dikombinasikan dengan strategi pemasaran konten untuk mendapatkan hasil maksimal dari media yang diperoleh. Pertimbangkan tip kami saat merencanakan kampanye pemasaran dan PR Anda, atau saat memasukkan PR ke dalam strategi bisnis Anda.

Terapkan kampanye berbasis data

Data adalah sahabat pemasar — dan spesialis PR — Rencanakan bagaimana Anda akan mengumpulkan/menggunakan data dari media yang Anda peroleh. Apakah Anda akan memeriksa komentar, berbagi, atau memposting keterlibatan? Analisis situs web melalui interlinking? Kemudian, gunakan data ini untuk menjawab beberapa pertanyaan/masalah paling umum yang Anda lihat dalam calon prospek Anda. Ini akan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mendengarkan kebutuhan mereka dan mempertimbangkan perspektif mereka.

Ceritakan kisah yang bagus
Kunci untuk ditampilkan adalah menceritakan kisah yang bagus. Media yang diperoleh adalah sebuah proses, yang melibatkan menjangkau penulis dan jurnalis dari publikasi yang relevan. Dengan menceritakan kisah yang bagus, Anda dapat melibatkan audiens Anda dan mendorong lebih banyak kepercayaan pada merek Anda. Hal ini dapat menyebabkan menarik perhatian prospek dan bahkan memposisikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran. Pemimpin pemikiran adalah posisi yang sangat berharga, karena mereka menawarkan lebih banyak kredibilitas dan otoritas di industri Anda.

Jadikan cerita Anda mudah untuk diterima, dipahami, dan dibagikan

Setelah Anda membuat cerita yang bagus, itu harus terhubung dengan audiens Anda. Sertakan tautan, video, dan gambar untuk menceritakan kisah Anda! Penelitian telah menunjukkan bahwa liputan multimedia dapat menarik perhatian 3-5 kali lebih banyak daripada rilis tradisional. Pastikan audiens Anda dapat terlibat dengan pesan yang Anda coba sampaikan dan membuatnya mudah dicerna dan dibagikan. Semakin banyak kemampuan untuk dibagikan, semakin banyak cakupan yang bisa Anda dapatkan!

Gunakan CTA

CTA, atau ajakan bertindak, sangat membantu dalam mendorong pembaca untuk mengambil tindakan. Dorong pembaca/pemirsa kembali ke halaman arahan Anda atau konten lain di situs Anda. Ini membantu menarik lebih banyak informasi dan data; menawarkan peluang untuk mengumpulkan informasi kontak, dan melacak analitik/sumber asal orang. CTA dapat mendorong audiens Anda untuk mengambil tindakan lebih lanjut setelah membaca/melihat cerita Anda.

Dengan mempertimbangkan semua informasi ini dan menerapkan rekomendasi ini, kemungkinan besar Anda akan berhasil dengan strategi PR Anda. Anda akan dapat mengintegrasikan PR ke dalam kampanye yang ada dan menarik prospek potensial lainnya!

Ide untuk Menggabungkan PR & Lead Generation

Ada berbagai cara Anda dapat menggabungkan PR dan generasi memimpin. Anda tidak perlu terjebak hanya dalam satu bentuk media! Bergantung pada audiens target Anda, Anda dapat membuat konten dalam berbagai cara. Beberapa ide adalah:

Jangkauan editorial

Penjangkauan editorial mengacu pada fitur di majalah, surat kabar, di televisi, atau radio. Jenis konten ini terbukti mengarah langsung ke lebih banyak panggilan, minat, dan peningkatan lalu lintas web. Bagian PR ini memberi bisnis Anda dukungan pihak ketiga yang lebih kredibel. Gunakan ini untuk membangun kredibilitas, kepercayaan, otoritas, dan bahkan untuk menyebut diri Anda sebagai pemimpin pemikiran.

Siaran pers

Siaran pers adalah dokumen langsung dari organisasi Anda, dibagikan dengan berbagai publikasi atau saluran. Ini adalah cara yang relatif murah untuk mendorong eksposur media sambil menawarkan akses langsung ke audiens Anda di berbagai saluran media. Siaran pers juga membantu perusahaan Anda tampil lebih banyak di mesin pencari (SEO) dan dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan siaran pers secara berlebihan.

Acara

Berpartisipasi dalam, atau mensponsori, suatu acara. Anda dapat menjadi sponsor merek, menampilkan papan nama perusahaan, memiliki meja di acara tersebut, menjalankan lokakarya, dan banyak lagi. Ini menawarkan peluang untuk mendistribusikan materi Anda atau memamerkan produk/layanan, menghubungkan merek Anda dengan acara kepada peserta, dan bahkan berbicara dengan calon prospek.

Konten bentuk panjang

Konten berdurasi panjang, atau konten yang lebih panjang yang dibagikan dengan publikasi luar atau di blog Anda, adalah kunci keberhasilan strategi PR. Ini adalah alat yang sangat baik untuk menunjukkan keahlian dan pengetahuan Anda tentang industri Anda sambil membangun kredibilitas organisasi di pasar sasaran Anda. Ini dapat bervariasi dalam bentuk, dari blog, artikel, buletin, hingga webinar, studi kasus, atau pidato.

Jika dilakukan dengan benar, ini dapat menunjukkan bahwa Anda memahami perspektif pelanggan Anda dan poin 'rasa sakit' mereka. Pastikan untuk memasukkan banyak kata kunci, tautan kembali ke situs web Anda/konten lainnya, dan optimalkan konten untuk mesin pencari.

Blog tamu

Blogging tamu tidak bisa diremehkan! Ini melibatkan kemitraan dengan perusahaan lain untuk menulis blog untuk mereka (menampilkan perusahaan Anda) atau mengatasi masalah/tantangan di industri Anda. Sebaiknya diskusikan perspektif industri tentang masalah, tantangan, atau tren yang dilihat perusahaan Anda. Blogging tamu dapat memposisikan Anda sebagai ahli/pemimpin pemikiran di bidangnya. Ini dapat mengarah pada peningkatan kredibilitas, eksposur, dan bahkan beberapa peluang jaringan!

Ulasan produk

Jenis PR ini memiliki publikasi atau pakar luar yang meninjau produk/layanan Anda. Anda dapat mengatur demonstrasi produk sebelum rilis, atau menawarkan detail eksklusif untuk publikasi yang berfokus pada industri Anda. Ini sangat diremehkan -- jangan lupa untuk memanfaatkannya saat Anda bisa!

PR adalah bentuk generasi pemimpin yang sering diabaikan dan diremehkan untuk perusahaan teknologi b2b. Dengan mengikuti rekomendasi kami dan mengintegrasikan ide-ide kami ke dalam strategi PR Anda, Anda akan menemukan jalan baru menuju kesuksesan.(business2community.com)

Berita Lainnya
×
tekid