sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dewan Pers desak Polri usut pelaku pembunuhan Demas Leira

Korban kerap memberitakan kasus dugaan korupsi di Mamuju Tengah.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 22 Agst 2020 18:34 WIB
Dewan Pers desak Polri usut pelaku pembunuhan Demas Leira
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 282724
Dirawat 61686
Meninggal 10601
Sembuh 210437

Dewan Pers mendesak Polri untuk mengusut dan mengungkap pelaku kasus dugaan pembunuhan terhadap seorang wartawan, Demas Leira, di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

"Mendesak aparat penegak hukum segera mengusut tuntas dan menghukum seberat-beratnya kepada otak dan pelaku kasus dugaan pembunuhan terhadap wartawan tersebut sesuai ketentuan hukum perundang-undangan yang berlaku," ujar Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun, dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Sabtu (22/8).

Dirinya melanjutkan, Satuan Tugas (Satgas) Kekerasan Wartawan serta para konstituen siap memberikan pendampingan untuk membantu proses penyelidikan aparat penegak hukum.

Demas ditemukan tewas di Jalan Dusun Salibijau Desa Tasokko, Kecamatan Karossa, Mamuju Tengah, oleh warga sekitar. Dalam jasadnya, ditemukan terdapat 21 luka tusuk. Polisi menduga korban meninggal karena dibunuh dengan dianiaya.

Korban kerap melaporkan kasus dugaan korupsi di wilayahnya. Setidaknya terdapat dua laporan yang diberitakan Demas, "Jalan di Desa Palongaan dan Batuparigi Dibiarkan Rusak Parah, Kepala Desa: Ini Jalan Kabupaten" dan "Bantah Pengerjaan Proyek Tidak Sesuai, Kepala Desa Buana Siap Diperiksa Inspektor".

Dewan Pers menyesalkan terjadinya kasus ini. Hendry mengingatkan, kerja jurnalistik dilindungi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Dewan Pers prihatin dan mengecam serta mengutuk segala tindakan pembunuhan, penghalangan, kekerasan, intimidasi, dan penganiayaan," tegasnya.

Dewan Pers juga mendorong media dan organisasi pers untuk selalu memperhatikan keselamatan wartawan sesuai Standar Perlindungan Profesi Wartawan dan melakukan pendampingan hukum terhadap wartawannya.

Sponsored

Selain itu, wartawan diimbau memperhatikan keselamatan dan keamanan diri saat melakukan kerja jurnalistik. Salah satunya, melapor kepada aparat penegak hukum apabila mendapat ancaman dan teror.

"Dewan Pers mendoakan almarhum Demas Leira mendapat tempat yang layak di sisi-Nya dan agar keluarganya diberikan kekuatan dalam musibah ini serta mendorong aparat bertindak cepat dan profesional dalam menangani kasus ini secara terbuka," tutup Hendry.

Harga rumah mewah kian murah

Harga rumah mewah kian murah

Senin, 28 Sep 2020 15:10 WIB
Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Rapid test, demi kesehatan atau cuan?  

Minggu, 27 Sep 2020 17:55 WIB
Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB