sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Enam hal yang harus diketahui setiap orang tentang Humas

Humas pada dasarnya adalah mendapatkan penempatan merek, layanan atau produk di pers secara gratis.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 13 Mei 2022 19:57 WIB
Enam hal yang harus diketahui setiap orang tentang Humas

Batas antara pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat (humas) semakin kabur dari menit ke menit. Sudah lumrah terjadi kebingungan atas peran yang dimainkan masing-masing, dan seringkali ada banyak persinggungan.

Adrian Falk, Anggota Forbes Councils, memberi pandangan ahli tentang topik ini. Falk merupakan pendiri International Agency Believe Advertising & PR, pengarang buku-buku laris, yang banyak membantu para wirausahawan mendapatkan liputan media global

"Selama 20 tahun terakhir menjalankan biro humas dan periklanan internasional saya sendiri, saya telah menemukan enam pertanyaan paling umum yang ditanyakan kepada saya tentang publisitas," katanya.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini diharapkan akan membantu Anda mendefinisikan dengan jelas bagaimana PR dapat masuk ke dalam bauran pemasaran Anda.

1. Apa itu humas?

Humas pada dasarnya adalah mendapatkan penempatan merek, layanan atau produk di pers secara gratis. Apakah itu penyebutan di podcast, fitur di berita malam atau penyebutan dalam berita, ini adalah publisitas. Humas adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli dengan uang; itu organik.

Humas adalah tentang positioning merek, yang dapat dilakukan melalui banyak saluran yang berbeda. Alih-alih melalui media berbayar — seperti iklan cetak koran atau majalah, iklan di situs berita online terkemuka, atau bahkan papan reklame luar ruang — Humas menggunakan platform non-bayar. Ini dapat mencakup media sosial, posting blog atau pers yang tidak dibayar di outlet berita (misalnya, artikel surat kabar atau fitur TV).

2. Apa saja peranti Humas?

Sponsored

Ada banyak alat dan aktivitas Humas yang bisa digunakan. Siaran pers yang kuat adalah salah satu alat terpenting dalam Humas. Siaran pers digunakan ketika perusahaan Anda memiliki sesuatu yang Anda ingin liputan media. Ini adalah pernyataan tertulis dan ringkas yang secara objektif melaporkan apa yang ingin Anda liput dan kemudian diajukan ke kontak media yang relevan. Dalam paragraf pertama, rilis Anda harus menguraikan siapa, apa, di mana, kapan, dan mengapa. Seringkali, pers tidak memiliki kesempatan untuk membaca di luar judul dan paragraf pertama, jadi penting untuk meringkas semuanya di awal dan tetap menarik.

Setelah rilis, Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan alat Humas lainnya, seperti acara. Kemitraan adalah area besar lainnya dan sesuatu yang ingin Anda miliki di kotak alat Humas Anda. Perusahaan dapat bermitra dengan selebriti, blogger, atau influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Platform lain yang lebih halus adalah penempatan produk. Di sinilah Anda menegosiasikan kesepakatan agar produk perusahaan Anda ditempatkan di acara TV terkenal, film, wawancara, dll.

3. Bagaimana Humas berbeda dari pemasaran?

Humas pada dasarnya berbeda dari pemasaran. Sementara Humas melibatkan komunikasi dengan masyarakat umum untuk mempertahankan citra positif, yang dapat mencakup orang-orang yang mungkin bukan bagian dari audiens target Anda, pemasaran lebih berfokus pada mempromosikan atau menjual produk atau layanan perusahaan ke target pasar.

Tujuan jangka panjang keduanya juga berbeda. Pemasaran bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan dan memberikannya kepada mereka, sedangkan tujuan Humas adalah memposisikan merek secara positif sambil meningkatkan kesadarannya secara keseluruhan.

Pesan keseluruhan yang datang melalui masing-masing juga berbeda. Dalam pemasaran, sangat jelas bahwa Anda mencoba menjual sesuatu, apakah itu produk, layanan, atau perusahaan. Humas adalah penjualan yang jauh lebih lembut, dan tidak begitu jelas bahwa Anda mencoba menjual sesuatu karena Anda ingin mempromosikan perusahaan atau produk Anda secara positif.

4. Bagaimana humas dan pemasaran bekerja sama?

Jika Anda ingin perusahaan atau merek Anda berhasil, penting untuk memanfaatkan Humas dan pemasaran tradisional. Humas tidak dapat menggantikan pemasaran tradisional, dan tidak ada gunanya jika tidak memanfaatkan Humas. Masing-masing berbeda dan memiliki kelebihannya sendiri, sehingga tidak ada yang bisa menggantikan yang lain.

Selain itu, bukan ide yang baik untuk menggunakan konten yang sama untuk masing-masing. Misalnya, Anda tidak boleh mengambil postingan media sosial dan mengirimkan konten yang sama ke media. Konten harus disesuaikan untuk setiap platform. Karena humas dan pemasaran memiliki pesan dan tujuan yang berbeda, konten harus mencerminkan hal itu.

5. Bagaimana humas dapat didefinisikan dengan cara yang terukur?

Aspek penting dari bisnis adalah kemampuan untuk mengukur keberhasilan sesuatu. Jadi, bagaimana Anda mengukur keberhasilan Humas? Keberhasilan Humas tidak berbeda dengan satu angka, seperti laba atas investasi (ROI), karena efektivitas Humas dapat dirasakan di banyak bidang yang berbeda. Lalu lintas situs web, analitik media sosial, keterlibatan media sosial, prospek, dan penjualan semuanya dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi Humas.

6. Mengapa Humas itu penting?

Humas penting karena efektif. Ini membantu meningkatkan kesadaran merek, menciptakan kredibilitas, mempromosikan nilai-nilai merek, memperkuat hubungannya dengan komunitas dan meningkatkan kehadiran online. Semua faktor ini penting bagi pelanggan ketika memutuskan tidak hanya produk atau perusahaan apa yang akan digunakan, tetapi juga loyalitas merek jangka panjang mereka. Jadi, pada akhirnya, Humas efektif dalam membantu menghasilkan prospek, penjualan, dan keuntungan.

Meskipun ada banyak kebingungan antara pemasaran, periklanan, dan humas, ada banyak perbedaan. Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Humas dan mengapa itu penting, Anda dapat memanfaatkan publisitas dengan lebih baik untuk merek Anda, memungkinkan Anda untuk terus meningkatkan skala bisnis Anda.

Berita Lainnya