sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Media internasional memilih 'mundur' dari Rusia

“Zaman kegelapan informasi”: Undang-undang “berita palsu” baru Rusia telah melarang sebagian besar jurnalisme independen di sana.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Selasa, 08 Mar 2022 20:21 WIB
Media internasional memilih 'mundur' dari Rusia

“Sensor militer di Rusia dengan cepat bergerak ke fase baru... ancaman penuntutan pidana terhadap jurnalis dan warga negara yang menyebarkan informasi tentang pertempuran militer yang berbeda dari siaran pers Kementerian Pertahanan.”

Seminggu yang lalu, banyak front terbesar dalam perang informasi Rusia-vs-Barat melintasi perbatasan nasional — raksasa teknologi Barat membatasi akses Rusia ke uang dan audiens, dan pemerintah Barat serta sistem kabel menendang propaganda Rusia dari layar mereka.

Tetapi dalam beberapa hari terakhir, pertempuran itu menjadi lebih internal, karena Kremlin bekerja keras untuk membatasi informasi independen yang sampai ke warganya — menunjukkan meningkatnya kegelisahan dengan opini publik tentang invasi ke Ukraina.

Pada hari Kamis (3/3), sebuah komite di (parlemen) Duma menyetujui amandemen undang-undang media Rusia yang menjadikannya kejahatan untuk mendistribusikan berita atau informasi "palsu" tentang perang di Ukraina - dengan "kepalsuan" sebuah cerita ditentukan hanya oleh pihak berwenang Rusia. Vladimir Putin menandatanganinya menjadi undang-undang pada hari Jumat (4/3), dan efeknya langsung terasa. Baik organisasi berita Rusia maupun internasional menarik reporter mereka dari negara itu, mengubah cara mereka melakukan pekerjaan, atau menutup kantor sepenuhnya.

Berikut adalah beberapa media internasional yang telah menghentikan (atau setidaknya mengatakan akan menghentikan) liputan mereka di dalam Rusia karena aturan hukum:

Bloomberg mengumumkan akan "untuk sementara menangguhkan pekerjaan jurnalisnya di Rusia," di mana pemimpin redaksi John Micklethwait mengatakan undang-undang itu "tampaknya dirancang untuk mengubah reporter independen menjadi kriminal murni karena asosiasi" dan "membuat mustahil untuk melanjutkan kemiripan jurnalisme normal di dalam negeri.”

Penyiar layanan publik Kanada, Jerman, dan Italia semuanya mengumumkan hal yang sama.

BBC mengatakan "untuk sementara menangguhkan pekerjaan jurnalisnya di Rusia" dan bahwa "BBC News dalam bahasa Rusia akan tetap diproduksi dari luar negeri." "Keamanan staf kami adalah yang terpenting dan kami tidak siap untuk mengekspos mereka pada risiko tuntutan pidana hanya karena melakukan pekerjaan mereka," kata direktur jenderal Tim Davie. Namun direktur interim BBC News, Jonathan Munro, mencatat tidak ada yang meninggalkan Rusia.

Sponsored

Radio Free Europe/Radio Liberty yang didukung AS juga telah menangguhkan operasi di Rusia, meskipun juga menghadapi masalah lain: Pihak berwenang telah "memulai proses kebangkrutan" terhadap unit Rusia-nya dengan jutaan dolar dalam "denda" yang belum dibayar terhadap stasiun penyiaran itu karena menolak untuk mematuhi hukum Rusia yang akan melumpuhkan konten editorialnya. “Karena jurnalis RFE/RL terus mengatakan kebenaran tentang invasi bencana Rusia terhadap tetangganya, perusahaan berencana untuk melaporkan perkembangan ini dari luar Rusia,” kata jaringan tersebut.

Tetapi tidak semua media telah memutuskan untuk melangkah sejauh itu — alih-alih diam atau membuat perubahan kecil dalam cara liputan di Rusia dilakukan.

The Wall Street Journal menolak untuk mengatakan bagaimana tanggapannya, mengeluarkan pernyataan: “Prioritas utama kami adalah keselamatan karyawan kami dan meliput kisah penting ini secara adil dan lengkap. Berada di Moskow, bebas berbicara dengan pejabat dan menangkap suasana, adalah kunci misi itu.”

The Washington Post menerapkan kebijakan baru untuk tidak memasukkan byline (nama) atau dateline (tanggal) pada salah satu beritanya dari Rusia. "Sudah lama," kicau reporter Post, Paul Farhi. “Belum pernah melihat yang seperti ini.” Di depan umum, Post hanya mengatakan bahwa mereka akan "berhati-hati sambil mencari kejelasan tentang bagaimana pembatasan yang dilaporkan ini akan mempengaruhi koresponden Washington Post dan staf lokal."

ABC News dan CBS News mengatakan mereka akan, untuk saat ini, menahan diri dari siaran dari Rusia -- tetapi tidak mengatakan wartawannya akan pergi atau berhenti bekerja.

The New York Times tidak akan mengomentari tanggapannya kepada wartawannya sendiri.

Sayangnya, sejumlah organisasi berita Rusia tidak memiliki fleksibilitas hukum karena kantor pusat berada jauh dari lautan atau benua. Dmitry Muratov — pemimpin redaksi surat kabar Rusia Novaya Gazeta, baru-baru ini memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian — mengatakan kepada Times pekan lalu bahwa “surat kabarnya Novaya Gazeta, yang selamat dari pembunuhan enam jurnalisnya, bisa berada di ambang mematikan." Kemudian pada hari Jumat dia mengumumkan tanggapannya sendiri terhadap ancaman pemerintah:

Surat kabar Rusia Novaya Gazeta, yang editornya Dmitry Muratov adalah salah satu pemenang Hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu, mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan menghapus materi tentang tindakan militer Rusia di Ukraina dari situs webnya karena penyensoran. Surat kabar itu mengatakan akan terus melaporkan konsekuensi yang dihadapi Rusia, termasuk krisis ekonomi yang semakin dalam dan penganiayaan terhadap para pembangkang.

"Sensor militer di Rusia dengan cepat bergerak ke fase baru: dari ancaman pemblokiran dan penutupan publikasi (hampir sepenuhnya diterapkan) telah berpindah ke ancaman penuntutan pidana baik jurnalis dan warga negara yang menyebarkan informasi tentang pertempuran militer yang berbeda dari siaran pers Kementerian Pertahanan,” kata surat kabar itu dalam sebuah pesan kepada pembaca. “Tidak ada keraguan bahwa ancaman ini akan terwujud.”

Surat kabar itu mengatakan tidak dapat mempertaruhkan kebebasan stafnya tetapi juga tidak dapat mengabaikan keinginan pembacanya untuk terus bekerja, bahkan di bawah sensor militer. Dikatakan karena itu menghapus materi "tentang topik ini" dari situs web dan jejaring sosialnya.

“Kami terus melaporkan konsekuensi yang dihadapi Rusia: krisis ekonomi yang berkembang, penurunan standar hidup yang cepat, masalah dengan akses ke obat-obatan dan teknologi asing, dan penganiayaan terhadap para pembangkang, termasuk pernyataan anti-perang,” katanya.

(Catatan: Materi yang diturunkan Novaya Gazeta masih ada di Internet Archive’s Wayback Machine. Gabungkan halaman ini dengan layanan terjemahan pilihan Anda dan Anda masih dapat mengambil manfaat dari laporan terbaru Novaya. Sayangnya, pengarsipan digital terbaik pun tidak dapat melakukannya untuk melindungi cerita yang akan ditulis oleh jurnalis independen Rusia besok, atau minggu depan, atau bulan depan.)

Menurut satu laporan, lebih dari 150 jurnalis Rusia telah meninggalkan negara itu dalam beberapa hari terakhir.

Menggabungkan sensor ini dengan putaran baru dan lebih agresif memblokir situs web oleh Kremlin — termasuk Facebook, Twitter, dan sejumlah situs berita internasional, termasuk Meduza yang berbasis di Latvia — dan pembaca akan mendapatkan tingkat penekanan pers yang tidak diketahui di Internet- era Eropa. Ini Meduza, mengatakan "Kami belum selesai":

"Pada 1 Maret 2022 — rasanya seperti seabad yang lalu — kami mengirim pesan ke pelanggan buletin kami, memperingatkan bahwa pihak berwenang Rusia berencana untuk memblokir Meduza bersama dengan media berita independen negara yang tersisa. Itu sekarang telah terjadi. Beberapa jam yang lalu, kami menerima konfirmasi bahwa Layanan Federal untuk Pengawasan di Bidang Telekomunikasi, Teknologi Informasi, dan Komunikasi Massa (lebih dikenal sebagai Roskomnadzor) sekarang mengharuskan penyedia layanan Internet di Rusia untuk memblokir akses ke situs web Meduza.

"Kami dan beberapa media lainnya dituduh “menyebarkan informasi yang melanggar hukum.” Serangan terhadap pers bebas ini terjadi karena Kremlin memiliki sesuatu yang disembunyikan — karena ada lebih banyak hal yang disimpan. Sederhananya, kami telah dilarang untuk melaporkan informasi dari sumber selain negara Rusia itu sendiri, terutama dalam hal invasi ke Ukraina, yang oleh Roskomnadzor dianggap melanggar hukum untuk disebut sebagai invasi atau perang.

"Tapi Rusia sedang berperang dengan Ukraina. Perang ini merupakan tindakan agresi yang tidak beralasan oleh negara Rusia terhadap rakyat Ukraina. Meduza menolak segala upaya untuk membatasi kebebasan kami untuk melaporkan kebenaran tentang konflik ini atau subjek lainnya. Pihak berwenang Rusia dapat mencoba untuk menghentikan publik melihat jurnalisme kami, tetapi mereka akan gagal. Kami telah mempersiapkan untuk ini. Meduza memiliki aplikasi seluler, kami memiliki audiens yang sangat besar di media sosial, dan kami mendistribusikan buletin melalui email. Pembaca kami juga masih dapat menghubungi kami menggunakan VPN.

Namun, ada satu tantangan yang kami tidak siap. Sembilan puluh persen dari donasi yang kami terima datang melalui sistem pembayaran Stripe dan PayPal. Pembaca kami di Rusia ingin terus mendukung kami, tetapi sekarang kartu bank mereka ditolak. Selain itu, sanksi ekonomi terhadap sektor keuangan Rusia menciptakan risiko serius bagi penggalangan dana kami, memaksa kami untuk bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.

Kami terutama mengandalkan Anda, audiens internasional kami, untuk membantu mempertahankan pekerjaan kami."

Mengandalkan VPN atau aplikasi seluler mungkin cocok untuk orang yang sudah menginstalnya di perangkat mereka, tetapi pemblokiran toko aplikasi Apple dan Google oleh Rusia akan mempersulit siapa pun yang terinspirasi untuk mengunduhnya sekarang. Dan Rusia telah menunjukkan kapasitas untuk memblokir "web gelap" Tor Network, rute umum di sekitar sensor negara.

Seperti yang dikatakan Robert Mahoney, direktur eksekutif Komite untuk Jurnalis Proyek:

"Presiden Vladimir Putin telah menjerumuskan Rusia ke dalam zaman kegelapan informasi dengan mengkriminalisasi liputan independen tentang perangnya di Ukraina. Penyebutan kata "invasi" dalam sebuah laporan kini bisa membuat seorang jurnalis dijebloskan ke penjara selama bertahun-tahun.

"Jurnalis di mana pun harus berdiri dalam solidaritas dengan rekan-rekan Rusia mereka dan koresponden asing yang berbasis di Rusia dalam menolak penyensoran biadab ini. Selama dua dekade terakhir kekuasaannya, Putin menoleransi segelintir media kritis yang memberikan sedikit kebenaran di lautan propaganda negara. Tetapi undang-undang dan pemblokiran situs web ini secara efektif mengeringkan arus informasi yang bebas."

Berita Lainnya