sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Meksiko tawarkan perlindungan jurnalis setelah ancaman pembunuhan

Lopez Obrador mengatakan skema perlindungan telah disiapkan untuk Azucena Uresti, yang terkenal sebagai pembawa acara televisi.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 13 Agst 2021 15:05 WIB
Presiden Meksiko tawarkan perlindungan jurnalis setelah ancaman pembunuhan

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berjanji pada untuk melindungi seorang wartawan terkemuka setelah kartel narkoba yang kuat mengancam akan membunuhnya. Ancaman itu contoh terbaru dari kekerasan serius yang dihadapi wartawan di Negeri Sombrero.

Lopez Obrador mengatakan skema perlindungan telah disiapkan untuk Azucena Uresti, yang terkenal sebagai pembawa acara televisi di jaringan berita Milenio. Ia menerima ancaman dalam pesan video yang disampaikan atas nama Kartel Generasi Baru Jalisco.

Dikelilingi kelompok bersenjata bertopeng, seorang pria bertopeng menuduh Uresti menunjukkan bias dalam liputan mendukung apa yang disebut grup bela diri yang berseteru dengan geng itu di negara bagian Michoacan.

Lopez Obrador, yang sering mengkritik media yang dianggapnya bermusuhan dengan pemerintahannya, menyatakan "solidaritas" dengan Uresti selama konferensi pers rutin pagi.

Sponsored

"Saya sepenuhnya mengutuk ancaman ini," katanya, seraya menambahkan perilaku geng itu tidak akan ditoleransi.

Uresti sudah membantah tuduhan geng dan di Twitter berterima kasih kepada Lopez Obrador atas nama "semua rekan kami yang telah dilecehkan, diancam, dan dibunuh di negara ini."

Meksiko adalah salah satu negara paling berbahaya di dunia bagi profesional media, menurut kelompok yang didedikasikan untuk perlindungan mereka. Akhir tahun lalu, seorang pejabat senior pemerintah mengatakan hampir 140 wartawan terbunuh sejak 2010.(Sumber: Reuters)

Berita Lainnya