PWI akan gelar uji kompetensi di Kotawaringin Timur

Uji Kompetensi Wartawan merupakan upaya peningkatan kompetensi wartawan agar dapat menghasilkan karya jurnalistik berkualitas.

PWI akan gelar uji kompetensi di Kotawaringin Timur Sejumlah wartawan tengah mewawancarai Pelatih Kepala Tim China Taipei Yang Shienming yang tampil di ajang Asian Games 2018./Antara Foto

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi wartawan dalam menghasilkan karya jurnalistik berkualitas.

UKW yang akan dilaksanakan oleh PWI Kotawaringin Timur, tidak hanya menjaring wartawan dari wilayah tersebut. Diharapkan para wartawan di daerah lain di Kalimantan Tengah, dapat ikut dalam kegiatan ini.

"Saat ini sudah lebih dari 50% anggota PWI Kotawaringin Timur yang dinyatakan berkompeten. Kami menargetkan seluruh anggota mengikuti UKW," kata Ketua PWI Kotawaringin Timur, Andri Rizky Agustian di Sampit, Senin (3/9).

UKW yang akan digelar dalam waktu dekat, menjadi UKW kedua yang diselenggarakan PWI Kotawaringin Timur. Adapun UKW pertama berlangsung pada Juni 2012 lalu. Saat itu, UKW tersebut menjadi UKW pertama yang diselenggarakan oleh PWI kabupaten. 

UKW menjadi cara PWI dalam mengukur kemampuan dan kompetensi anggota sesuai standar dan mekanisme yang ditetapkan. Selain kemampuan jurnalistik, UKW juga menjadi wadah bagi peserta untuk mendalami kode etik jurnalistik dan aturan hukum, sebagai bekal menjalankan tugas di lapangan.

Meski tak memberi jaminan mutlak, UKW menjadi wadah bagi anggota PWI untuk membuktikan kompetensi yang dimiliki terhadap pekerjaan yang mereka geluti selama ini. Para wartawan yang tak serius menjalani profesi dan tak memiliki kemampuan memadai, akan terlihat dari hasil UKW ini.

UKW akan menghadirkan penguji yang ditunjuk langsung oleh PWI Pusat. Terdapat tiga kelompok kategori wartawan yaitu tingkat muda, madya, dan utama yang materi ujiannya disesuaikan dengan kategori yang diikuti peserta. Materi ujian di antaranya cara membuat berita dan tajuk, hubungan dengan narasumber, cara wawancara, perencanaan pemberitaan, dan kode etik jurnalistik.

"UKW merupakan syarat yang ditetapkan dari Dewan Pers bagi wartawan yang ingin dinyatakan kompeten. Makanya kami serius soal ini," tambah Andri.

Sumber: Antara


Berita Terkait