sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Saat ini adalah waktu yang sangat menarik bagi industri media

Proliferasi saluran media dimulai dengan majalah khusus, TV kabel, dan radio sindikasi kemudian ke situs web individu dan sekarang medsos.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 03 Sep 2021 07:05 WIB
 Saat ini adalah waktu yang sangat menarik bagi industri media

Di media, kita memproduksi atau membeli dan berbagi atau menjual konten. Selama bertahun-tahun pola ini telah berevolusi dari berkomunikasi dengan massa melalui koran cetak, siaran radio, dan televisi. Orang memiliki lebih sedikit pilihan dan lebih sedikit sudut pandang yang diwakili.

Proliferasi saluran media dimulai dengan majalah minat khusus, TV kabel, dan radio sindikasi kemudian meledak ke situs web individu dan sekarang media sosial. Model komunikasi berubah dari satu saluran yang menawarkan informasi kepada banyak orang, ke satu saluran mencapai satu orang.

Model baru telah tumbuh karena peranti untuk masuk -- mesin cetak, pancaran elektronik, menara dan piringan satelit -- sekarang perangkat genggam dan minat yang tajam pada ceruk tertentu atau pendapat tunggal yang akan dibagikan. Sekarang kita masing-masing memiliki saluran.

Model bisnis internet yang sukses dibangun berdasarkan skala. Selama beberapa tahun, perusahaan seperti Google, Facebook, dan Amazon telah menguasai sebagian besar dolar iklan digital. Platform periklanan Amazon sebagian besar dibangun di atas koneksi e-commerce dengan pembeli dan penjual. Google membangun bisnisnya pada model periklanan digital yang sangat efektif dengan pemasaran mesin pencari di mana pengiklan mencegat calon pelanggan dengan membeli iklan yang ditempatkan dengan baik dalam aliran daftar pencarian organik. Model Facebook disponsori posting, video, dan iklan digital. Baik Google dan Facebook mengandalkan konten orang lain untuk memberi daya pada model bisnis mereka. Mereka menyediakan teknologi dan bertindak sebagai "broker" konten sambil membawa pendapatan periklanan melalui banyak transaksi di seluruh dunia.

Sebagian besar pemrosesan dan penyaringan pencarian Anda di Google dan konten Facebook hadir kepada Anda adalah faktor matematika, berdasarkan tindakan Anda sebelumnya atau tindakan orang lain dalam situasi yang sama.

Model bisnis iklan daring ini berfungsi ketika pemain dominan tidak harus membayar sumber daya untuk membuat, memverifikasi atau memasukkan konteks salah satu konten. Pengguna online menikmati kebebasan untuk mencari, mengkonsumsi, dan bereaksi terhadap (menyukai!) hal-hal yang kita temukan secara daring.

Ada sesuatu yang menarik tentang itu dalam masyarakat bebas. Anda membuat pilihan seperti apa atau siapa yang harus percaya. Namun, kita sekarang melihat dua tantangan tunggal untuk ini: (1) Ketika pendapat dan fakta semua orang sama-sama dihargai, ada apa sebenarnya? Dan, (2) lembaga-lembaga yang menempatkan sumber daya untuk menciptakan, memverifikasi, dan mengontekstualisasikan konten lokal ditantang untuk menemukan pendapatan lokal yang diperlukan untuk bersaing.

Sebagian besar surat kabar, televisi berita lokal, dan radio bergerak ke pasar dengan akses situs web gratis sejak awal menjadi bagian dari ekosistem konten Internet. Sekarang, banyak yang memerlukan langganan online untuk mendapatkan akses penuh. Namun, untuk berpartisipasi dalam dunia online yang kompleks ini, perusahaan media masih memerlukan akses ke teknologi dan karyawan yang mahir secara teknis. Dalam masyarakat kapitalis, di mana nilai investasi ialah masa depan, ini dapat lebih lanjut menambah tantangan.

Sponsored

Ada kabar baik untuk masa depan media. Google dan Facebook mengucurkan proyek pendanaan untuk membantu perusahaan media yang lebih kecil. Platform Wick Communications dari Wenatchee World NABUR pada awalnya didanai oleh inisiatif Google News. NABUR adalah situs media sosial lokal, yang dimoderisasi jurnalis, dirancang untuk mengembangkan koneksi masyarakat.

Kalangan legislator juga telah memperhatikan dampak pergeseran di media. Undang-Undang Keberlanjutan Jurnalisme Lokal tahun 2021 disponsori bersama oleh Representatif Perwakilan AS Dan Newhouse dan Senator Maria Cantwell. Ada dukungan bi-partisan yang baik untuk rancangan ini dan yang lain menangani beberapa tantangan media.

Media lokal masih berdampak pada komunitas. Media lokal juga dapat menguntungkan sekarang dan ke masa depan.(Wenatcheeworld)

Berita Lainnya